SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dengan Metode Halaqah untuk Meningkatkan Religiusitas Siswa MAN 1 Kota Malang

muna dhiya shofiyah

Abstrak


Religiusitas mewakili gambaran kualitas diri seseorang dalam menghayati ajaran agama dan keyakinannya terhadap adanya Tuhan yang mendorongnya berfikir, bersikap, bertindak, dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan mengerjakan lima dimensi kegamaan yang mecakup ideological dimension, ritualistic dimension, experiental dimension, intelektual dimension, consecquental dimension. Agama memberikan sebuah kerangka moral, sehingga seseorang bisa menstabilkan tingkah laku, agama juga memberikan perlindungan rasa aman, terutama bagi remaja yang tengah mencari eksistensi dirinya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MAN 1 kota Malang permasalahan yang dihadapi siswa dalam mengimplementasikan nila-nilai agama seperti melakukan kewajiban-kewajiban ritual agama, berhubungan dengan orang lain. Masalah tersebut membutuhkan kegiatan bimbingan dengan proses pembiasaan, pemahaman dan keteladan yang dilakukan secara rutin sehingga siswa dapat mengembangan karakter religi.

 Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku panduan bimbingan kelompok dengan metode halaqah untuk meningkatkan religiusitas siswa MAN. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi, tahapannya adalah

(1) perencanaan, identifikasi kebutuhan;

(2) pengembangan produk awal;

(3) uji coba produk;

(4) revisi produk;

(5) produk akhir penelitian. Produk ini diuji berdasarkan aspek keberterimaan produk yang dikembangkan menjadi instrumen penelitian yang berupa angket. Subyek uji coba produk adalah ahli materi bimbingan dan konseling, ahli media, dan calon pengguna produk yaitu konselor sekolah. Data yang dihasilkan dari penilaian produk oleh subyek uji coba berupa data kuantitatif berupa skor dan data kualitatif berupa masukan dan saran. Data kuantitatif dianalisis menggunakan perhitungan rerata/mean sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif.

 Berdasarkan hasil uji ahli materi Bimbingan dan Konseling diperoleh skor total 121 dengan rata-rata 3,27 dan ahli media diperoleh skor 92 dengan rata-rata 4,00. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan bimbingan kelompok yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan sangat menarik sehingga bermakna sangat layak untuk digunakan. Sedangkan data deskriptif pada lembar komentar digunakan sebagai pertimbangan dalam revisi produk. Kesimpulan yang didapat bahwa panduan bimbingan kelompok dengan metode halaqah ini berterima secara teoritis dan praktis. Untuk mengetahui keefektifan panduan bimbingan ini, disarankan bagi peneliti lain untuk dapat melakukan penelitian guna menguji keefektifan produk tersebut.