SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan panduan bimbingan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMPN 15 Malang

abdirrahman akhmad mirza

Abstrak


ABSTRAK

Abdirahman, Akhmad Mirza. 2019.Pengembangan Panduan BimbinganInstruksi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMPN 15 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Dr. Henny Indreswari, M.Pd.  (2). Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd.

Kata Kunci: Bimbingan Instruksi Diri, Kepercayaan Diri, siswa SMP.

Percaya diri adalah kemampuan individu untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensinya agar dapat digunakan dalam menyesuaikan diridengan lingkungan hidupnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmenghasilkan produk berupa buku panduan pelatihan instruksi diri untuk meningkatkan percaya dirisiswa di SMPN 15 Malangyang berterima secara teoritis dan praktis melalui uji ahli dan uji calon pengguna produk.

Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan(Research and Development atau R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang yang memiliki tingkat kepercayaan diri sedang atau cukup terdiri atas sembilan siswa. Pengembangan paket meliputi:

(1) penyusunan paket bimbingan kepercayaan diri,

(2) Uji ahli,

(3) Revisi paket dan uji coba kelompok kecil yaitukonselor sebagai calon penggunaan produk. Prosedur pengembangan diawali dengan melakukan need assessment, analisis data, perumusantujuan, penyusunan prototype danujicobaproduk. Penilaiandilakukanolehahlibimbingandankonseling. Data yang diperolehadalah data kualitatifdankuantitatifmelaluipengembang. Teknikpengumpulan data dalampenelitianiniadalahwawancaradanangketuntukdiujiahlidancalonpenggunaproduk.

Hasil darirata-rata keseluruhan mengenai panduan pelatihan bimbingan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri, diperoleh nilai rata-rata oleh ahli materi bimbingan dan konseling adalah 3,6. Nilai rata-rata olehahli media pendidikanadalah 3,9. Nilai rata-rata olehcalonpenggunaprodukadalah3,6. Hasilperhitungansecarakeseluruhandariahlimateribimbingandankonseling, ahli media pendidikandancalonpenggunaproduk adalah3,6. Dengandemikian,berdasarkanhasilpenilaiankeseluruhandapatdisimpulkanbahwapanduanbimbinganinstruksidiriuntukmeningkatkankepercayaandiribagisiswa SMP sangatberterima.

Konselor yang melaksanakan bimbingan dengan menggunakan panduan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa disarankan untuk mengaplikasikan prosedur yang ada didalam buku panduan instruksi diri.Agar kegiatan pelatihan dapat berjalan sesuai dengan prosedur serta hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan bimbingan, konselor hendaknya mempelajari dan memahami buku panduan pelatihan tersebut. Panduan bimbingan instruksi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri ini hanya dilakukan uji aksepbilitas,sehingga perlu dilanjutkan dengan eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan bimbingan. Pengembangan panduan ini hanya terbatas pada SMPN 15 Malang, apabila panduan akan digunakan oleh sekolah lain, maka diperlukan need assessment terlebih dahulu untuk penyesuaian topik yang dibutuhkan.