SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Problem Solving Technique untuk Meningkatkan Kecerdasan Adversitas Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM

Firdhousy Alfiyatuz Zahro'

Abstrak


RINGKASAN

Firdhousy, A.Z. 2019. Keefektifan Problem Solving Technique untuk Meningkatkan Kecerdasan Adversitas  Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd., (II) Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd.

 

Kata Kunci : problem solving technique, kecerdasan adversitas, siswa kelas XI SMA

Hambatan dan tantangan menuju kesuksesan setiap individu erat kaitannya dengan kecerdasan adversitas. Kecerdasan adversitas merupakan kemampuan seseorang dalam berjuang menghadapi dan mengatasi masalah, hambatan atau kesulitan yang dimiliki serta dapat mengubahnya menjadi peluang keberhasilan dan kesuksesan. Fenomena yang ditemukan di sekolah saat ini, menunjukkan dari 101 siswa kelas XI SMA Laboratorium UM, terdapat 13,8% siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah dan sedang. Permasalahan ini dianggap penting karena akibat dari kecerdasan adversitas yang rendah yaitu individu menjadi tidak berdaya (keyakinan bahwa apa yang dilakukan seseorang tidak ada manfaatnya). Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan problem solving technique untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa SMA Laboratorium UM.

Penelitian ini menggunakan desain pretest and posttest. Penentuan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini sebanyak 12 siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian memiliki tingkat kecerdasan adversitas rendah dan sedang. Instrumen data yang digunakan yaitu angket kecerdasan adversitas dan pedoman eksperimen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik uji beda Wilcoxon Signed Rank Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem solving technique efektif untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa di SMA Laboratorium UM. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik uji beda Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan hasil yang signifikan sebesar 0,002 (0,002 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa problem solving technique efektif untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa kelas XI SMA Laboratorium UM.

Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan untuk:

(1) konselor SMA (Sekolah Menengah Atas) hendaknya melaksanakan layanan bimbingan kelompok menggunakan problem solving technique sesuai dengan pedoman eksperimen untuk meningkatkan kecerdasan adversitas siswa  kelas XI,

(2) Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan treatment namun tetap mendapatkan pretest dan posttest, untuk mengetahui perbandingan skor kelompok kontrol dengan hasil skor kelompok eksperimen yang telah diberikan treatment. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui hasil yang lebih akurat.

 

SUMMARY

Firdhousy, A.Z. 2019. Keefektifan Problem Solving Technique untuk Meningkatkan Kecerdasan Adversitas  Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd, (II) Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd

 

Key Words : problem solving technique, adversity quotient, students of class XI SMA

Obstacles and challenges to success Everyone with strict challenges with adversity quotient. Adversity quotient is a person's ability to struggle to overcome and overcome problems, difficulties or difficulties faced and can overcome difficulties and success. The phenomenon found in schools today, shows that out of 101 students of class XI SMA Laboratorium UM, there are 13.8% of students who have low and moderate adversity intelligence. This problem is considered important because of the low adversity quotient that is the individual becomes helpless (the belief that what someone does is of no benefit). The purpose of this study was to discuss the effectiveness of problem solving technique to improve the adversity quotient of SMA Laboratorium UM students.

This study uses a pre-test and post-test design. Determination of the subject is done by using a purposive sampling technique. The subject of this study were 12 students of class XI SMA Laboratorium UM. Students selected as research subjects have low and moderate adversity quotient levels. The data instrument used is inventory adversity quotient and experimental guidelines. Data analysis technique used different non-parametric statistical analysis technique Wilcoxon Signed Rank Test.

The results showed that problem solving technique were effective in improving adversity quotient of students in SMA Laboratorium UM. Based on the results of data analysis using non-parametric statistical analysis technique different tests Wilcoxon Signed Rank Test showed significant results of 0.002 (0.002