SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan Simulasi Ular Tangga untuk Mengembangkan Kemampuan Mengelola Stres Akademik Siswa SMA Negeri 10 Malang

Fatma Saybatul Intan

Abstrak


RINGKASAN

Fatma, Saybatul Intan. 2019. Pengembangan Model Permainan Simulasi Ular Tangga untuk Mengembangkan Kemampuan Mengelola Stres Akademik Siswa SMA Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Ella Faridati Zen, M.Pd., dan (2) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd.

 

Kata Kunci : model permainan simulasi ular tangga, kemampuan mengelola stres akademik, siswa SMA.

Stres akademik merupakan suatu kondisi di mana terjadi ketidak sesuaian antara tuntutan lingkungan dan diri sendiri dengan kemampuan akademik, kondisi ini dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Pada kenyataannya ada beberapa siswa menunjukkan kurangnya kemampuan pengelolaan stres akademik di SMAN 10 Malang. Selain itu, konselor SMAN 10 Malang juga mengatakan bahwa belum ada layanan BK sesuai kebutuhan siswa tersebut. Berdasarkan pemaparan tersebut, peneliti tertarik untuk mengembangkan model permainan simulasi ular tangga untuk mengembangkan kemampuan mengelola stres akademik siswa.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa buku panduan dan media model permainan simulasi ular tangga untuk mengembangkan kemampuan mengelola stres akademik siswa SMAN 10 Malang yang memenuhi kriteria keberterimaan: ketepatan, kemudahan, kegunaan, dan kemenarikan. Metode penelitian dan pengembangan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall (1983):

(1) studi pendahuluan dan pengumpulan data awal,

(2) perencanaan,

(3) pengembangan bentuk awal produk,

(4) uji coba produk dilakukan subjek uji coba: ahli materi BK, ahli media, konselor dan siswa,

(5) revisi produk akhir. Pada saat uji coba produk peneliti menggunakan angket mengelola stres akademik dan angket keberterimaan produk. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan deskriptif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan rata-rata dan persentase, sedangkan data deskriptif dengan menyimpulkan hasil saran dan masukkan dari subjek uji coba.

Buku panduan mendapatkan hasil penilaian dari ahli materi BK rata-rata 3,6 sangat tepat, 4 sangat berguna, 3,2 sangat mudah, 3 cukup menarik. Penilaian ahli media rata-rata 4 sangat tepat, 4 sangat berguna, 4 sangat mudah, 4 sangat menarik. Penilaian konselor rata-rata 3,8 sangat tepat, 3,9 sangat berguna, 3,9 sangat mudah, 3,8 sangat  menarik. Media mendapatkan penilaian ahli media rata-rata 3,6 sangat tepat, 4 sangat berguna, 4 sangat mudah, 3,8 cukup menarik. Penilaian konselor rata-rata 3,4 sangat tepat, 3,8 sangat berguna, 3,3 sangat mudah, 3,9 sangat menarik. Penilaian siswa rata-rata 3,5 sangat tepat, 3,8 sangat berguna, 3,8 sangat mudah, 3,4 sangat  menarik. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan, produk model permainan simulasi ular tangga untuk mengembangkan kemampuan mengelola stres akademik siswa SMA layak digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disarankan

(1) konselor dapat mempelajari, memahami dan berlatih melaksanakan model permainan simulasi ular tangga,

(2) jurusan BK dapat menggunakan produk penelitian dan pengembangan sebagai referensi dalam mengkaji teknik layanan bimbingan kelompok,

(3) peneliti selanjutnya untuk menguji keefektifan produk.