SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Keterampilan Interpersonal pada Peserta Didik Kelas X SMKN 2 Singosari

Ishak Mohamad

Abstrak


RINGKASAN

Ishak, Mohamad. 2019. Profil Keterampilan Interpersonal pada Peserta Didik Kelas X SMKN 2 Singosari. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dra Elia Flurentin M.Pd, (II)Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : Profil, keterampilan interpersonal, peserta didik SMK.

Keterampilan interpersonal merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh semua manusia. Keterampilan interpersonal mencakup keterbukaan diri, percaya diri, keterampilan komunikasi, kemampuan verbal dan non verbal, mendengarkan permasalahan orang lain dan membantu menemukan jalan keluar, menghadapi dan menyelesaikan masalah secara konstruktif, menejemen emosi dan strees, menghargai perbedaan, dan memiliki etika dalam berkomunikasi. Keterampilan interpersonal yang tinggi berguna bagi peserta didik dalam berkomunikasi serta memahami inti dari komunikasi yang dibangun.

Penelitian bertujuan untuk menemukan profil keterampilan interpersonal beserta profil setiap indikatornya. Keterampilan interpersonal memiliki sembilan indikator yang mencakup keterbukaan diri, percaya diri, keterampilan komunikasi, kemampuan verbal dan non verbal, mendengarkan permasalahan orang lain dan membantu menemukan jalan keluar, menghadapi dan menyelesaikan masalah secara konstruktif, menejemen emosi dan strees, menghargai perbedaan, dan memiliki etika dalam berkomunikasi. Hasil dari setiap indikator akan diubuh menuju gambaran umum dari keterampilan interpersonal.

Penelitian dilakukan di SMKN 2 Singosari menggunakan metode penelitian kuantitatif survei. Jumlah populasi sebanyak 108 peserta didik yang diambil dari seluruh peserta didik kelas X jurusan Multi Media. Teknik sampel yang digunakan ialah total population sampling. Analisis dilakukan dengan skala Guttman.

Profil keterampilan interpersonal memperoleh skor 65, 2%. Jumlah skor capaian ialah 2043 dengan jumlah skor ideal 3132. Hasil profil keterampilan interpersonal dengan skor 65,2% menunjukkan bahwa sampel memiliki keterampilan interpersonal yang baik.

Skor terendah disetiap sampel kelas atau secara total sebaiknya digunakan sebagai fokus dalam menyusun program layananan Bimbingan dan Konseling. Hasil terendah ialah manajemen emosi dan stres. Manajemen emosi dan stress dapat ditingkatkan melalui ekspressive writing.

 

SUMMARY

Ishak, Mohamad. 2019. The Profile of Interpersonal Skills of 〖10〗^th Graders of SMKN 2 Singosari Malang. Undergraduate Thesis, Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I)Dra Elia Flurentin M.Pd, (II)Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd.

 

Keywords : Profile, Interpersonal Skills, Student of Vocational High School.

Interpersonal skills are skills that all humans must possess.Interpersonal skills including self-disclosure, confidence, communication skills, verbal and non-verbal abilities, listening to other people's problems and helping to find a solutions, deal with and resolve problems constructively, manage emotions and stress, respect differences, and have ethics in communication. High interpersonal skills are useful for students in communicating and understanding the essence of communication.

The research goal to find a profile of interpersonal skills and profiles of each indicator. Interpersonal skills have nine indicators which include self-disclosure, confidence, communication skills, verbal and non-verbal abilities, listening to other people's problems and helping to find solutions, deal with and resolve problems constructively, manage emotions and stress, respect differences, and have ethics in communicating. The results of each indicator will be directed towards a general picture of interpersonal skills.

The study was conducted at Singosari 2 Vocational High School using quantitative survey research methods. The total population of 108 students was taken from all students of class X majoring in Multi Media. The sample technique used is total population sampling. The analysis was carried out by the Guttman scale.

The profile of interpersonal skills scores 65, 2%. The number of achievement scores is 2043 with an ideal number of scores is 3132. The profile results of interpersonal skills with a score of 65.2% indicate that the sample has good interpersonal skills.

 

The lowest score in each class sample or in total should be used as a focus in developing a Guidance and Counseling service program. The lowest result is emotional management and stress. Emotional and stress management can be improved through expressive writing.