SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Biblioedukasi untuk Meningkatkan Kesadaran akan Kontrol Diri Siswa SD

Wijaya Muhammad Indra

Abstrak


 

RINGKASAN

Wijaya, M, I. 2019. Keefektifan Biblioedukasi untuk Meningkatkan Kesadaran akan Kontrol Diri Siswa SD. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany M. Handarini, M.A., (II) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd.

 

Kata Kunci : biblioedukasi; kesadaran; kontrol diri

Kesadaran akan kontrol diri merupakan salah satu hal yang sangat perlu ditanamkan dan dikembangkan dalam diri masing-masing individu, tanpa terkecuali siswa tingkat SD. Biblioedukasi merupakan suatu bahan bacaan yang sifatnya mendidik dengan salah satu tujuan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran akan kontrol diri. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan atas dasar banyaknya kekerasan atau konflik dikalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa terutama dalam lingkungan pendidikan.

Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui apakah biblioedukasi dapat meningkatkan kesadaran akan kontrol diri siswa SD dengan tujuan dasar adalah menciptakan pribadi yang damai untuk mengurangi kekerasan atau konflik. Biblioedukasi merupakan istilah yang mengadopsi dari beberapa biblio yaitu biblioterapi, bibliokonseling, bibliopsikologi.

Penelitian ini diawali dengan menentukan varibael penelitian yang kemudian membuat kisi-kisi sebagai dasar untuk merancang instrumen yang mengahsilkan inventori sebagai alat ukur yang valid untuk melakukan penelitian. pemiilihan Subjek yang dipilih adalah siswa kelas 5 SD sebanyak 21 siswa. Dalam penelitian ini desain yang adalah equivalent time series design yaitu ada beberapa tes dan beberapa perlakuan dalam dua periode. Pada awalnya diberikan pre-test untuk mengetahui kategori dari setiap siswa dan menghasilkan 5 siswa termasuk dalam kategori tinggi, 11 siswa termasuk dalam kategori sedang, dan 5 siswa termasuk dalam kategori rendah. Subjek yang mendapatkan skor dalam kategori sedang dan rendah adalah sebagai fokus dalam penelitian ini. Setelah penetapan subjek penelitian diberikanlah treatment sebanyak empat kali dimana ada dua periode treatment ini yaitu setelah pre-test dan setelah post-test 1, dan diakhiri dengan post-test 2.

Hasil penelitian pengujian hipotesis melalui uji Wilcoxon Signed Ranks Test yang menggunakan aplikasi SPSS 25 menunjukan bahwa Nilai signifikansi dari uji Wilcoxon Signed Ranks Test yaitu 0,05, artinya pada post-test pertama 0,009 ≤ 0,05, sedangkan pada post-test kedua 0,006 ≤ 0,05. Dapat disimpulkan Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka biblioedukasi efektif untuk meningkatkan kesadaran akan kontrol diri siswa SD. Maka dari itu, untuk melaksanakan biblioedukasi agar akurat dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan kesadaran akan kontrol diri siswa SD, isi atau tema dari biblioedukasi mengandung unsur yang membahas tentang kesadaran akan kontrol diri.

Terdapat beberapa saran yang membangun yaitu biblioedukasi dapat digunakan sebagai metode yang dalam proses pembelajaran, biblioedukasi sebagai metode layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam bidang pribadi, sebagai rujukan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan biblioedukasi maupun kesadaran akan kontrol diri. Selain itu, ada beberapa saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk melakukan validitas treatment yaitu uji coba panduan eksperimen dan validitas eksternal yaitu kemungkinan variabel dari luar yang dapat mempengaruhi variabel penelitian dari . Saran tersebut supaya penelitian selanjutnya akan lebih baik lagi.

 

SUMMARY

Wijaya, M, I. 2019. The effect of biblioeducation to improve the awareness of self-control of elementary school students. Thesis. Department of Guidance and Counseling. Faculty of Educational Sciences. State University of Malang. Supervisor: (I) Dr. Dany M. Handarini, M.A., (II) Dra. Ella Faridati Zen, M. Pd.

 

Keywords : biblioeducation; awareness; self control

Awareness of self-control is one of the things that really needs to be instilled and developed in each individual, without the exception of elementary school students. Biblio education is a reading material that is educational in nature with one of the objectives as learning to increase awareness of self-control. This experimental research was carried out on the basis of the amount of violence or conflict among children, adolescents, and adults, especially in the educational environment.

The purpose of this experimental study is to find out whether biblio education can increase the awareness of self-control of elementary students with the basic goal of creating a peaceful person to reduce violence or conflict. Biblio education is a term that adopts several biblios, namely bibliotherapy, bibliocunseling, bibliopsychology.

This study begins by determining the varibals of the study which then makes the grid as a basis for designing instruments that produce inventory as a valid measuring instrument for conducting research. Selection The selected subjects were 21 elementary school students as many as 21 students. In this study the design is equivalent time series design, namely there are several tests and several treatments in two periods. Initially given a pre-test to find out the categories of each student and produce 5 students included in the high category, 11 students included in the medium category, and 5 students included in the low category. Subjects who scored in the medium and low categories were the focus of this study. After the determination of the research subject was given treatment four times where there were two periods of treatment, namely after the pre-test and after the post-test 1, and ended with post-test 2.

The results of the research testing hypotheses through the Wilcoxon Signed Ranks Test using SPSS 25 application showed that the significance value of the Wilcoxon Signed Ranks Test was 0.05, meaning that in the first post-test 0.009 5 0.05, while the second post-test was 0.006 ≤ 0.05. It can be concluded that Ho is rejected and H1 is accepted. Based on the results of these studies, biblioedukasi is effective to increase awareness of self-control of elementary students. Therefore, to implement the bibliography education to be accurate with the aim of increasing awareness of elementary students' self-control, the content or theme of the biblio education contains elements that discuss awareness of self-control.

 

There are several constructive suggestions, namely biblio education can be used as a method in the learning process, biblio education as a method of guidance and counseling services, especially in the personal field, as a reference for further research related to biblio education and awareness of self control. In addition, there are a number of suggestions for further research, namely to conduct treatment validity, namely experimental guide trials and external validity, namely the possibility of external variables that can influence the research variables from. The suggestion is that further research will be better.