SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 12 Malang

Herlambang Febri Antoni

Abstrak


RINGKASAN

Herlambang, Febri Antoni. 2019. Keefektifan Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Komunikasi Inerpersonal Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 12 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Henny Indreswari, M.Pd, (2) Dr. Hj. Muslihati. S.Ag, M.Pd.

 

Kata Kunci : modeling simbolis, komunikasi interpersonal

Teknik Modeling simbolis adalah salah satu bentuk proses belajar sosial. Teknik modeling simbolis memberikan cara belajar dengan mengamati model secara simbolis melalui gambar, cerita, audio rekaman, dan film yang berpotensi mempengaruhi pengamatnya sehingga mendorong pengamat untuk mencoba menirukan tingkah laku model yang disajikan. Proses belajar sosial ini membutuhkan suatu latihan dalam konteks yang dikondisikan untuk mengetahui pengutan dan hukuman yang muncul akibat perilaku yang dilakukan, khusunya dalam melatih keterampilan komunikasi interpersonal. Keterampilan komunikasi interpersonal adalah keterampilan untuk berinteraksi, saling menukar informasi, dimana memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal dan non verbal sehingga terjadi pengertian bersama.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik modeling simbolis dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI jurusan Akuntasni SMKN 12 Malang. Tujuan tersebut menajdikan rumusan masalah penelitian yaitu “apakah teknik modeling simbolis efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMKN 12 Malang?”.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI Akuntansi SMKN 12 Malang yang memiliki skor keterampilan komunikasi interpersonal pada taraf rendah dan sedang. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT).

Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan keterampilan komunikasi interpersonal pada subjek yang diteliti. Terdapat peningkatan skor keterampilan komunikasi interpersonal siswa setelah dilakukan penyebaran skala pasaca tes keterampilan komunikasi interpersonal dan hasil observasi pada subjek penelitian. Berdasarkan hasil analisis data skala dan pedoman observasiketerampilan komunikasi interpersonal dapat disimpulkan bahwa teknik modeling efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa keals XI jurusan Akuntansi SMKN 12 Malang.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terdapat beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi konselor, siswa, dan peneliti selanjutnya. Konselor dapat menerapkan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Siswa dapat mengikuti kegiatan bimbingan dengan teknik modeling simbolis dengan bersungguh-sungguh untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Peneliti selanjutnya dapat melaksanakan penelitian dengan menggunakan kelompok kontrol sebagai teknik pembanding.