SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyesuaian Akademik Siswa SMK Negeri 12 Malang Pasca Prakerin dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling Belajar

Khoirul Uma

Abstrak


Penyesuaian Akademik Siswa SMK Negeri 12 Malang Pasca Prakerin dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling  Belajar Khoirul Uma1*, Ella Faridati Zen2, Djoko Budi Santoso3 Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia

*e-mail: khoiruluma15@gmail.com. No. HP yg dpt dihubungi 082264060432

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil penyesuaian akademik siswa SMK Negeri 12 Malang pasca prakerin dan mengembangkan topik-topik bimbingan belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi dekriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis statiska deskriptif untik mendeskripsikan penyesuaian akademik siswa pasca prakerin. Hasil penelitian menunjukkan penyesuaian akademik siswa SMK Negeri 12 Malang pasca prakerin secara keseluruhan berada pada kondisi cukup baik. Lebih khusus pada aspek pencapaian prestasi belajar berada pada kategori sangat baik, aspek usaha yang cukup berada pada kategori cukup baik, dan aspek pencapaian tujuan akademik  berada pada kategori sangat baik. Saran untuk konselor sekolah adalah mengembangkan rancangan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling berdasarkan topik-topik yang telah diusulkan oleh peneliti dan saran untuk peneliti selanjutnya adalah mengkaji lebih lanjur penyesuaian akademik siswa pasca prakerin melalui penelitian eksperimen atau pengembangan.

 

 

Kata kunci : Penyesuaian akademik, prakerin, bimbingan belajar.