SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA DENGAN MINAT SISWA PADA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK NEGERI 5 MALANG

Syifaul Nur Jannah

Abstrak


HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA DENGAN MINAT SISWA PADA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING  DI SMK NEGERI 5 MALANG

Syifaul Nur Jannah1, Ella Faridati Zen2, Irene Maya Simon3 1Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan 2Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang no.5 Malang

E-mail: syifaulnur1@gmail,com – 083835540356

 

Abstract

This study aims to describe students' perceptions of guidance and counseling services, describe students' interest in guidance and counseling services and knowing the relationship between student perceptions and student interest in counseling and guidance services at Vocational High Schools 5 Malang. This study uses a quantitative approach with a descriptive correlational method. To collect data, researchers use form of inventory of student perceptions in guidance and counseling services and inventory of student interest in guidance and counseling services. The results of data analysis show that there is a significant relationship between students perceptions and students  interest in guidance and counseling services. Based on SPSS data processing using the product moment correlation from Pearson correlation, it gets a value of 0.751 with a significance level of 0.000 which means that the significance level is less than 0.05. Then it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected, which means that there is a relationship between students perceptions and students interest in counseling and counseling services in Vocational High Schools 5 Malang. Relationship of students perceptions  with student interests is positive, that means  more positive the students perceptions, more higher students  interest in counseling and guidance services. This research is expected to become information for counselors so that they can improve student perceptions to be more positive and maintain students interest in counseling and counseling services still high; and further researchers are expected  to design guidelines that can be used by students and counselors to improve students  perceptions and interests with varied methods.

Keywords : perception, interest, guidance anda counseling services

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadapa layanan bimbingan dan konseling, mendeskripsikan minat siswa terhadap layanan  bimbingan dan konseling dan mengetahui hubungan antara persepsi siswa dengan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Alat pengumpul data yang digunakan berupa inventori persepsi siswa dan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara persepsi siswa dengan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Berdasarkan olah data SPSS menggunakan korelasi product moment dari pearson corelation mendapatkan nilai sebesar 0,751 dengan taraf  signifikansi 0,000 yang berarti taraf signifakansi kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara persepsi siswa dengan minat siswa terhadap layanan bimbingaan dan konseling di SMK Negeri 5 Malang. Arah hubungan persepsi siswa dengan minat siswa adalah positif. Hal ini berarti bahwa semakin positif persepsi siswa, maka semakin tinggi minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi konselor sehingga dapat meningkatkan persepsi siswa menjadi lebih positif serta mempertahankan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling  tetap tinggi; dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat merancang panduan yang dapat digunakan siswa dan konselor untuk meningkatkan persepsi dan minat siswa dengan metode yang variatif.

Kata kunci : persepsi siswa, minat siswa, layanan BK