SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Permainan Simulasi Ular Tangga untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMP

Nofianti Anja

Abstrak


RINGKASAN

Nofianti, Anja. 2019. Pengembangan Panduan Permainan Simulasi Ular Tangga untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd,  (II) Dra. Elia Flurentin, M. Pd.

 

Kata Kunci : permainan simulasi, academic hardiness, siswa SMP

Academic hardiness merupakan kemampuan bertahan dalam menghadapi tekanan akademik dan menganggapnya sebagai tantangan untuk mencapai kesuksesan. Kemampuan ini perlu dimiliki oleh siswa agar tidak menimbulkan stres akademik yang berakibat siswa membolos, terlambat datang ke sekolah, mudah menyerah ketika mendapatkan tugas yang sulit dan malas mengerjakan tugas. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan academic hardiness siswa adalah permainan simulasi. Permainan simulasi adalah metode pembelajaran yang digunakan sebagai salah satu teknik dalam Bimbingan dan Konseling dengan pesan-pesan pendidikan. Melalui permainan simulasi siswa dapat belajar secara langsung dari pesan-pesan yang terdapat pada kartu pesan.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku panduan yang dilengkapi dengan media permainan simulasi ular tangga. Hasil produk pengembangan ini dapat digunakan konselor dalam memberikan layanan untuk meningkatkan academic hardiness siswa SMP. Khususnya SMP yang memiliki kesamaan kebutuhan yaitu, topik academic hardiness. Namun, sejauh ini panduan tersebut belum ada di sekolah.

Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian dan berikut langkah-langkahnya: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba ahli, revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk akhir. Pemilihan media permainan simulasi didasarkan pada hasil need assessment yang sebanyak 96% siswa memilih permainan simulasi. Selanjutnya pemilihan subjek uji kelompok kecil didasarkan pada hasil inventori academic hardiness yang rendah.

Hasil rata-rata penilaian dari ahli materi bimbingan dan konseling, ahli media dan calon pengguna produk terhadap produk permainan simulasi ular tangga adalah 3,7 yang artinya sangat layak. Hasil ini diperkuat data kuantitatif dari uji kelompok kecil sebesar 3,6 yang berarti produk permainan simulasi ular tangga sangat layak digunakan. Data hasil uji kelompok kecil menunjukkan ketika proses pelaksanaan permainan simulasi ular tangga untuk meningkatkan academic hardiness ini memberikan efek yang menyenangkan bagi siswa. Hasil penilaian evaluasi hasil juga menunjukkan bahwa siswa sudah paham dan mengerti sikap apa yang harus ditunjukkan ketika mengalami kesulitan akademik.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran yang ditujukan kepada konselor, yaitu diharapkan konselor mempelajari dan memahami prosedur permainan ini agar proses pemberian layanan dapat berjalan dengan lancar. Bagi peneliti lain diharapkan dapat menguji keefektifan produk pengembangan ini dan mengembangkan produk dengan topik atau fokus penelitian yang berbeda.