SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERMAINAN SIMULASI BOARD GAME “R-PROJECT” UNTUK MENINGKATKAN RESPECT SISWA SMK NEGERI 2 MALANG

Pamungkas Ridho Alvin

Abstrak


RINGKASAN

Pamungkas, R. A. 2019. Pengembangan Permainan Simulasi Board Game“R- Project” untuk Meningkatkan Respect Siswa SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd  Pembimbing (II): Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd.

 

Kata Kunci : Respect, Permainan simulasi, R-Project.

Respect adalah menunjukan penghargaan terhadap harga diri orang lain ataupun hal lain selain diri sendiri. Permainan simulasi sebagai salah satu tehnik dalam layanan bimbingan dan konseling dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan respect siswa, namun di SMK Negeri 2 Malang belum memiliki media permainan simulasi untuk meningkatkan respect siswa, karena itu tujuan penelitian: menghasilkan model permainan simulasi “R-Project” dan buku pedoman permainan simulasi “R-Project” sebagai media untuk meningkatkan respect siswa yang memenuhi syarat kejelasan, ketepatan, kegunaan, dan kemenarikan yang mendukung keberterimaan dari produk.

Penelitian mengunakan metode Reserch and Development dari Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan yang digunakan yaitu:

(1) Penelitian dan pengumpulan data,

(2) Perencanaan,

(3) Pengembangkan produk,

(4) Uji ahli produk,

(5) Revisi produk akhir hasil uji coba.

Peneltian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur tingkat keberterimaan dari produk.

Dari hasil pengembangan dihasilkan dua produk yaitu yang pertama model permainan simulasi “R-Project” yang terdiri dari beberan permainan, bidak permainan, dadu langkah, kartu quest, dan token huruf respect. Produk kedua yaitu buku pedoman permainan simulasi “R-Project”.  Dengan persentase keberterimaan produk sebesar 86,47% dan layak digunakan.

Berdasarkan hasil pengembangan disarankan:

(1) Bagi konselor diharapkan mempelajari, memahami, dan berlatih melaksanakan kegiatan permainan supaya mampu memandu kegiatan layanan menggunakan media permainan simulasi “R-Project” secara efektif dan efisien sehingga tujuan yang diharapkan yaitu meningkatnya sikap dan perilaku respect siswa SMK Negeri 2 Malang tercapai seccara optimal, dan

(2) Bagi peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian hingga tahap kesepuluh, mengingat penelitian yang dilakukan hanya sampai tahapan revisi uji coba lapangan dan menguji keefektifan dari penggunaan permainan simulasi “R-Project” untuk meningkatkan respect siswa, mengingat produk ini belum diuji keefektifannya.

 

SUMMARY

Pamungkas, R. A. 2019. The Development of Simulation Game "R-Project" To Improve The Respect Of SMK Negeri 2 Malang Studens.Thesis, Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, State University of Malang. Advisor (I): Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd Advisor (II): Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd.

 

Keywords : Respect, Simulation Game, R-Project.

Respect is shows respect for the dignity of others or things other than self. Simulation games as one of the techniques in guidance and counseling services can be an alternative to increasing student respect, but in Vocational High School 2 Malang, there is no media simulation game to increase students' respect, therefore the research goal: to produce simulation game models "R-Project "And the" R-Project "simulation game manual as a medium for increasing student appreciation that support clarity, accuracy, usability, and attractiveness to support acceptability requirements

Research using Research and Development methods from Borg and Gall. The development steps used are:

(1) Research and data collection,

(2) Planning,

(3) Product development,

(4) Product expert testing,

(5) Revision of the final product of the trial results.

The research using quatitative and qualitative analysis to measure the acceptability.

From the results of the development, two products were produced, namely the first model of the "R-Project" simulation game consisting of several games, pawns, step games, card searches, and respectful letter tokens. The second product is the "R-Project" simulation game manual. With acceptable percentage of 86,47% and suitable to use it.

Based on agreed development results:

(1) Counselors who are expected, considered, and who can be carried out to support activities that are supported guide activities using an effective and efficient "R-Project" media simulation game so that the expected goals are in accordance with students' wishes and respect Vocational High School 2 Malang reached the optimal level, and

 

(2) For further researchers to continue the research for up to ten, considering the research carried out only reached the field trial evaluation stage and understood the effectiveness of using "R-Project" simulation games to increase respect students, considering their effectiveness have not been announced effectiveness.