SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MATERI AKSARA JAWA UNTUK KELAS X SMK NEGERI 5 MALANG

Rahardjo Tommy

Abstrak


ABSTRAK

Rahardjo, Tommy, 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Android Materi Aksara Jawa Untuk Kelas X SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.

Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Mobile Learning, Tutorial, Aksara Jawa.

Kurikulum 2013 sudah mulai membuka mata pelajaran bahasa daerah salah satunya SMK Negeri 5 Malang. Dengan sistem kurikulum yang masih terbilang baru maka perlu adanya penguatan informasi yang dapat menunjang pebelajar. Dibutuhkan media pembelajaran yang berupa aplikasi untuk membantu proses belajar.

Peneliti bertujuan menghasilkan media interaktif mobile learnig berbasis android pada mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa di SMK Negeri 5 Malang yang valid dan efektif.

Penelitian ini menggunakan model Lee & Owens dengan alur Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Multimedia interaktif ini menggunakan jenis multimedia tutorial dari teori Alessi dan Trollip. Subjek penelitian ialah dari siswa-siswi SMK Negeri 5 Malang jurusan Multimedia Kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang.

Hasil ujicoba yang dilakukan di SMK Negeri 5 Malang jurusan Multimedia Kelas X  telah memperoleh dari hasil ahli media diperoleh nilai 96,3% dan ahli materi diperoleh nilai 95%. Sedangkan pada hasil uji coba perorangan pada siswa atau audiens memperoleh nilai 79,2%, uji coba kelompok kecil memperoleh nilai 88,3%, dan uji coba lapangan memperoleh nilai 87,5%. Dalam melakukan analisis tes hasil belajar menguji siswa sebanyak 33 orang. Jumlah siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 25 orang dengan persentase 75,76%. Dari data yang disimpulkan bahwa siswa menggunakan aplikasi multimedia interaktif berbasis android pada mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara jawa termasuk kategori cukup efektif.

Pemanfaatan produk aplikasi berbasis Android aksara Jawa ini tidak memerlukan dampingan dari guru atau pendidik lain karena diharapkan menjadikan peserta didik belajar mandiri dan menggunakan aplikasi kapan saja dan dimana saja.

ABSTRACT

Rahardjo, Tommy, 2019. Development an Android Interactive Multimedia of Javanese Type For the 10th Grade of SMK Negeri 5 Malang. Thesis, Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang. Advisor: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. (II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T.

Keywords : Interactive Multimedia, Mobile Learning, Tutorial, Javanese Alphabet.

2013 curriculum has begun to open regional language subjects, one of them is SMK Negeri 5 Malang. With a curriculum system that is still relatively new, it is necessary to strengthen information that can support students. Learning media is needed in the form of applications to help the learning process.

The researcher aims to produce an Android-based interactive learning media based on Javanese language subjects, Javanese characters in SMK Negeri 5 Malang are valid and effective.

This study uses the Lee & Owens model with the flow of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This interactive multimedia uses multimedia types of tutorials from the Alessi and Trollip theories. The research subjects were from students of SMK Negeri 5 Malang majoring in Multimedia Class X with a total of 33 students.

The results of the tests conducted at the State Vocational School 5 Malang majoring in Multimedia Class X have obtained from the results of media experts obtained a value of 96.3% and material experts obtained a value of 95%. While the results of individual trials on students or audiences obtained a value of 79.2%, small group trials obtained a value of 88.3%, and field trials obtained a value of 87.5%. In analyzing the test results of learning test students as many as 33 people. The number of students who have reached KKM is 25 people with a percentage of 75.76%. From the data concluded that students use an Android-based interactive multimedia application on Javanese language subjects, Javanese script material including the category is quite effective.

The use of Javanese script application products does not require assistance from teachers or other educators because it is expected to make students learn independently and use the application anytime and anywhere.