SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Konselor Sebaya di Universitas Negeri Malang

Laila Siti Nur

Abstrak


RINGKASAN

Laila, S. N. 2019. Pengembangan Panduan Pelatihan Konselor Sebaya di Universitas Negeri Malang. Skripsi, jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra Elia Flurentin, M.Pd., (II) Irene Maya Simon, S.Pd.,M.Pd

 

Kata kunci : panduan pelatihan, konselor sebaya, universitas negeri malang

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan melalui wawancara kepada konselor Pusat Pengembangan Bimbingan Konseling Karir dan Kompetensi Akademik (P2BK3A) Universitas Negeri Malang dan anggota peer counseling corner diketahui bahwa konselor sebaya di Universitas Negeri Malang memiliki kebutuhan akan adanya panduan untuk berlatih keterampilanketerampilan dasar konselor sebaya dan memiliki kendala berupa kesenjangan beban kerja antara anggota. Konselor sebaya dari jurusan selain Bimbingan dan Konseling cenderung tidak percaya diri untuk menerima konseli karena belum memiliki kemampuan yang memadai. Selain itu, panduan yang diinginkan yaitu panduan yang memuat karakteristik permasalahan mahasiswa, sikap dasar konselor, keterampilan dasar komunikasi, dan keterampilan pemberian bantuan penyelesaiana masalah.

Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa panduan pelatihan konselor sebaya yang dapat diterima dari aspek ketepatan, kegunaan, kemenarikan, dan kemudahan. Diharapkan dengan adanya panduan ini, konselor sebaya mampu membantu menyelesaikan masalah teman sebayanya. Selain itu, panduan ini disusun agar konselor sebaya dapat berlatih secara berkelanjutan sesuai dengan prosedur dalam panduan untuk mengasah kemampuan dasar konselor sebaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Gall, Borg, & Gall. Model pengembangan tersebut adalah sebagai berikut:

(1) Tahap I, yaitu tahap pra survei dengan cara melakukan studi pustaka dan melancarkan pedoman wawancara;

(2) Tahap II, yaitu mengembangkan produk;

(3) Tahap III, yaitu uji ahli;

(4) Tahap IV, yaitu revisi produk dari uji ahli;

(5) Tahap V, yaitu uji calon pengguna produk; dan

(6) Tahap VI, yaitu revisi produk akhir. Data uji coba dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang yaitu:

(1) Ahli Bimbingan dan Konseling;

(2) Ahli Media; dan

(3) Calon pengguna produk atau konselor P2BK3A.

Hasil uji ahli materi menunjukkan bahwa panduan pelatihan konselor sebaya sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan sangat menarik. Hasil uji ahli media menunjukkan bahwa panduan pelatihan konselor sebaya sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan sangat menarik. Menurut calon pengguna panduan pelatihan konselor sebaya sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan cukup menarik. Adapun saran penelitian, sebagai berikut:

(1) Konselor P2BK3A hendaknya menggunakan panduan untuk melatih kemampuan dasar konselor sebaya memberikan bantuan penyelesaian masalah;

(2) Peneliti selanjutnya perlu melakukan rancangan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan penggunaan panduan pelatihan konselor sebaya di Universitas Negeri Malang.