SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Structured Learning Approach (SLA) sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Konflik secara Konstruktif untuk Mencegah Bullying bagi Siswa SMP

Prasetyani Yohana

Abstrak


RINGKASAN

Prasetyani, Yohana. 2019. Keefektifan Structured Learning Approach (SLA) Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Konflik Secara Konstruktif untuk Mencegah Bullying Bagi Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd., (II) Dr. Dany M. Handarini, M.A.

 

Kata Kunci : keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif, Structured Learning Approach (SLA), bullying, siswa SMP.

Keterampilan sosial adalah kemampuan individu untuk berkomunikasi efektif dengan orang lain baik secara verbal maupun nonverbal. Salah satu keterampilan sosial yaitu keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif. Keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif adalah keterampilan yang dimiliki individu untuk menemukan cara penyelesaian konflik dimana kedua pihak yang mengalami konflik dapat membangun perasaan dan pikirannya dengan bijaksana sehingga tidak menimbulkan berbagai perilaku agresif. Banyak efek yang muncul apabila konflik tidak diselesaikan secara konstruktif, salah satunya bullying. Bullying merupakan perilaku antisosial yang sering terjadi di lingkungan pendidikan. Individu yang memiliki keterampilan menyelesaikan konflik yang rendah cenderung menerima perlakuan bullying. Salah satu cara untuk mencegah bullying dengan melatih keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif. SLA (Structured Learning Approach) adalah pendekatan pembelajaran yang secara sistematis dan terstruktur mengajarkan keterampilan prososial pada individu. Terdapat lima langkah dalam pendekatan Structured Learning Approach, yaitu:

(1) instruction,

(2) modelling,

(3) role playing,

(4) feedback, dan

(5) transfer of training.

Penelitian bertujuan menguji keefektifan Structured Learning Approach (SLA) untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif sebagai upaya mencegah bullying bagi siswa SMP. Pendekatan yang digunakan kuantitatif menggunakan metode pre experimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian 11 siswa kelas VII salah satu SMP di kota Malang pada tahun ajaran 2018/2019 dengan kategori keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif sedang dan rendah. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling yang ditentukan melalui skala keterampilan penyelesaian konflik secara konstruktif. Treatment yang diberikan berupa pelatihan keterampilan penyelesaian konflik secara konstruktif menggunakan model Structured Learning Approach (SLA) yang telah dirangkum sebagai produk panduan dalam pemberian treatment kepada subjek penelitian.

Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan ada peningkatan keterampilan penyelesaian konflik secara konstruktif setelah mendapatkan treatment. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon, diketahui nilai beda (Z) -2,938 pada derajat signifikan 0,003. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai derajat signifikan 0,003 dan lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Structured Learning Approach efektif untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan konflik secara konstruktif.

 

SUMMARY

Prasetyani, Yohana. 2019. The Effect of Structured Learning Approach (SLA) to Enhance Constructive Conflict Resolution Skills in Preventing Bullying for Junior High School Students. Essay. Department of Guidance Counseling, Faculty of Education, State University of Malang. Mentors: (I) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd., (II) Dr. Dany M. Handarini, M.A

 

Keywords : constructive conflict resolution skills, Structured Learning Approach (SLA), bullying, junior high school students.

Social skills are the ability of individuals to communicate effectively with others both verbally and nonverbally. One of the social skills is constructive conflict resolution skills. Constructive skills to resolve conflicts are skills possessed by individuals to find ways to resolve conflicts where both parties who experience conflict can develop their feelings and thoughts wisely so as not to cause a variety of aggressive behavior. Many effects arise when conflicts are not resolved constructively, one of which is bullying. Bullying is antisocial behavior that often occurs in the educational environment. Individuals who have low conflict resolution skills tend to accept bullying. One way to prevent bullying is to practice conflict resolution skills constructively. SLA (Structured Learning Approach) is a learning approach that systematically and structurally teaches prosocial skills to individuals. There are five steps in the Structured Learning Approach approach, namely:

(1) instruction,

(2) modeling,

(3) role playing,

(4) feedback, and

(5) transfer of training.

The research aims to test the effect of Structured Learning Approach (SLA) to enhance constructive conflict resolution skills in preventing bullying for junior high school students. The quantitative approach uses the pre-experimental design method with the design of one group pre-test post-test design. The research subjects were 11th grade VII students from one of the junior high schools in Malang in the 2018/2019 school year with moderate and low constructive conflict resolution skills categories. Sampling uses purposive sampling which is determined through a constructive scale of conflict resolution skills. Treatment provided in the form of constructive conflict resolution skills training using the Structured Learning Approach (SLA) model which has been summarized as a guide product in administering treatment to research subjects.

The Wilcoxon Test results show there is an increase in conflict resolution skills constructively after getting treatment. Based on the Wilcoxon test results, it is known that the value of difference (Z) -2,938 at a significant degree of 0.003. Hypothesis test results show a significant degree of 0.003 and smaller than 0.05, H1 is accepted. So it can be concluded that the Structured Learning Approach technique is effective to enhance constructive conflict resolution skills.