SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MINAT SISWA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK NEGERI 5 MALANG

Syifaul Nur Jannah

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadapa layanan bimbingan dan konseling, mendeskripsikan minat siswa terhadap layanan  bimbingan dan konseling dan mengetahui hubungan antara persepsi siswa dengan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling di SMK Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Alat pengumpul data yang digunakan berupa inventori persepsi siswa dan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara persepsi siswa dengan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Berdasarkan olah data SPSS menggunakan korelasi product moment dari pearson corelation mendapatkan nilai sebesar 0,751 dengan taraf  signifikansi 0,000 yang berarti taraf signifakansi kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara persepsi siswa dengan minat siswa terhadap layanan bimbingaan dan konseling di SMK Negeri 5 Malang. Arah hubungan persepsi siswa dengan minat siswa adalah positif. Hal ini berarti bahwa semakin positif persepsi siswa, maka semakin tinggi minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi konselor sehingga dapat meningkatkan persepsi siswa menjadi lebih positif serta mempertahankan minat siswa terhadap layanan bimbingan dan konseling  tetap tinggi; dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat merancang panduan yang dapat digunakan siswa dan konselor untuk meningkatkan persepsi dan minat siswa dengan metode yang variatif.

Kata kunci: persepsi, minat, layanan BK