SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dan Sikap Asertif dengan Resiliensi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Malang

Setyorini Dwi

Abstrak


RINGKASAN

Setyorini, Dwi. 2019. Hubungan Antara pola Asuh Demokratis dan Sikap Asertif dengan Resiliensi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. IM Hambali, M.Pd, (2) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd.

 

Kata Kunci : pola asuh demokratis, sikap asertif, resiliensi

Banyak masalah yang dialami remaja dalam masa peralihan anak-anak menuju dewasa. Kekurang mampuan remaja dalam menyelesaikan berbagai masalah akan menimbulkan masalah-masalah baru dalam hidupnya. Kemampuan menyesuaikan diri siswa di sekolah sangat dibutuhkan. Siswa yang resilien akan mampu mengatasi keadaan-keadaan yang sulit dalam kegiatan belajarnya, sedangkan siswa yang tidak resilien akan kurang mampu mengatasi keadaan-keadaan yang sulit dalam proses belajar di sekolah sehingga dapat mengganggu prestasinya. Sikap terbuka dalam mengungkapkan keinginan dan perasaan kepada orang lain disebut sikap asertif. Pada pelajar atau siswa, tidak adanya sikap asertif akan merugikan proses belajarnya di sekolah, salah satunya adalah motivasi belajarnya akan menurun. Pola asuh orang tua sangat mempengaruhi perkembangan anak sejak kecil hingga dewasa, termasuk asertivitas dan resiliensinya. Pola asuh orang tua yang paling baik adalah pola asuh demokratis karena anak yang diasuh dengan pola ini akan menjadi anak yang mandiri dan tangguh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan resiliensi siswa, hubungan sikap asertif dengan resiliensi, dan hubungan pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi siswa.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa hubungan antarvariabel. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Malang. Pegambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling memperoleh jumlah 190 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas dan uji korelasi dengan rumus pearson product moment menggunakan SPSS 22 for windows.

Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa pola asuh demokratis dengan resiliensi menunjukkan nilai sig. 2-tailed 0,003, sikap asertif dengan resiliensi menunjukkan nilai sig. 2 tailed 0,024, pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi menunjukkan nilai sig. 2 tailed 0,000 yang artinya ada hubungan antara pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pola asuh demokratis dan sikap asertif dengan resiliensi.

 

SUMMARY

Setyorini, Dwi. 2019. The Correlation Between Democratic Parenting, Assertiveness, and Resilience Level of 10th Graders of SMK Negeri 2 Malang. Thesis, Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, State University of Malang. Advisor (1) Dr. H. IHambali, M.Pd, (2) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd.

 

Keywords : democratic parenting, assertiveness, resilience level

Many problems experienced by adolescents during the transition of children to adulthood. The lack of ability of adolescents to solve various problems will cause new problems in their lives. The ability to adapt to students in school is needed. Resilient students will be able to overcome difficult conditions in their learning activities, while students who are not resilient will experience obstacles in the learning process at school so that they can interfere with their performance. An open attitude in expressing wants and feelings to others is called assertiveness. In students or students, the absence of an assertive will be detrimental to the learning process in school, one of which is the learning motivation will decrease. Parenting patterns greatly affect the development of children from childhood to adulthood, including assertiveness and resilience. The best parenting style is democratic upbringing because children who are cared for with this pattern will become independent and resilient children. This research aims to determine the correlation of parenting with student resilience, the relationship of assertive with resilience, and the relationship of democratic parenting and assertive with student resilience.

The research design used in this research was correlational. Correlational research aims to find out and analyze correlation between variables. The population of this study is Class X students at SMK Negeri 2 Malang. Taking the research sample using random sampling technique obtained a total of 190 students. The research instrument used a closed questionnaire. Data analysis techniques used descriptive statistical analysis, normality test, linearity test and correlation test with Pearson product moment formula using SPSS 22 for Windows.

 

Based on the results of data analysis, it is known that democratic parenting with resilience shows the value of sig. 2-tailed 0.003, assertiveness with resilience indicates sig. 2 tailed 0.024, democratic upbringing and assertiveness with resilience show sig values. 2 tailed 0,000 which means there is a correlation between democratic parenting and assertiveness with resilience. The conclusion of this research is that there is a correlation between democratic parenting and assertiveness with resilience.