SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP

Arifin Febri Safril

Abstrak


RINGKASAN

Arifin, Febri Safril. 2019. Keefektifan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Malang,

Pembimbing:

(1) Dr. M. Ramli, M.A

(2) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd

 

Kata Kunci :konseling kelompok realita, motivasi belajar, siswa SMP.

Motivasi belajar pada setiap siswa memiliki kekuatan yang berbeda-beda, baik motivasi secara intrinsik maupun ekstrinsik. Peserta didik yang motivasinya bersifat intrinsik di mana kemampuan belajarnya lebih kuat dan tidak tergantung pada faktor di luar dirinya. Sebaliknya motivasi eksternal dengan peserta didik yang motivasi belajarnya sangat tergantung pada kondisi di luar dirinya.Konseling kelompok realita pada hakikatnya merupakan salah satu jenis layanan dari bimbingan dan konseling yang diberikan sebagai layanan responsif kepada siswa yang mebutuhkan bantuan dengan segera. Konseling kelompok realita sendiri berorientasi masa kini dan masa depan, sehingga konselor menghindari membahas masa lalu atau alasan-alasan kegagalan saat memberikan layanan konseling.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP.

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen.Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pretest dan posttest satu kelompok (one grup pretest and posttest design). Rancangan penelitian ini meliputi tes awal sebelum perlakuan dan tes akhir setelah perlakuan. Hasil tes awal dan akhir akan dibandingkan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil tes, pengambilan sampel berdasarkan dari teknik quota sampling.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa uji Wilcoxon Signed Rank Test,memiliki Z-2,023ᵇ pada Asymp. Sig. (2-tailed) untuk uji sisi data adalah 0,043. Hasil tersebut signifikan dikarenakan < 0,05 maka, memiliki motivasi belajar yang signifikan.

 

Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa H0 ditolak karena dasar pengambilan keputusan ialah jika probabilitas error <0.05 pada derajat signifikan mengungkapkan bahwa 0,043 kurang dari 0,05, maka H0 dapat dikatakan ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest  dan posttest setelah diberikan treatment. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok realita efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP.