SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Bibliokonseling Metaforik Fabel Terhadap Efikasi Diri Akademik Remaja SMP

Galuh Novi Setyaningsih

Abstrak


Efikasi diri akademik merupakan penilaian akan keyakinan individu tentang kemampuannya sendiri dengan menjalankan perilaku tertentu dalam situasi belajar di sekolah. efikasi diri akademik ditandai dengan kemampuan dalam mengatasi masalah, keyakinan dalam mencapai target, serta keyakinan dan kemampuan dalam menumbuhkan motivasi. Rendahnya efikasi yang dimiliki siswa tentu perlu mendapat perhatian tersendiri karena tinggi rendahnya tingkat efikasi diri akademik yang dimiliki oleh siswa dapat mempengaruhi kinerja mereka untuk memperoleh prestasi. Maka dari itu Efikasi diri akademik yang dimiliki oleh individu dapat ditingkatkan dengan proses belajar dari pengalaman yang bisa didapatkan dengan mengamati model sehingga peneliti menggunakan solusi dengan teknik Bibliokonseling melalui metaforik fabel yang diharapkan dapat efektif dan mengubah tingkat efikasi diri akademik siswa khususnya tingkat SMP.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan tingkat efikasi diri akademik antara sebelum dan sesudah pemberian treatment bibliokonseling metaforik fabel. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental bentuk One-group pretest-postest design. Subjek penelitian ini terdiri dari 19 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Doko yang memiliki skor efikasi diri akademik rendah berdasarkan hasil pretest dengan menggunakan skala efikasi diri akademik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis wilcoxon.

Hasil penelitian dengan analisis wilcoxon diketahui bahwa nilai asymp sig (2 tailed) bernilai 0,000 karena 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu teknik Bibliokonseling metaforik fabel dapat efektif dalam meningkatkan efikasi diri akademik remaja di SMP khususnya kelas 7.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi konselor SMP Negeri 2 Doko dan bagi peneliti selanjutnya. Saran untuk konselor SMP Negeri 2 Doko adalah dapat menggunakan teknik bibliokonseling metaforik fabel dengan menggunakan setting konseling kelompok yang terbukti efektif dalam meningkatkan efikasi diri akademik. Pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik bibliokonseling metaforik fabel dapat digunakan dengan merujuk pada panduan yang telah tersusun. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan kelompok kontrol, sehingga peneliti nantinya dapat menyimpulkan efek jangka panjang dari treatment yang telah diberikan.