SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Biblioedukasi untuk Meningkatkan Kesadaran akan Respek pada Siswa SD

Innaha Fahrish Safitri

Abstrak


Kata kunci:biblio edukasi, kesadaran akan respek, siswa SD.

Tujuan bimbingan dan konseling yang terkait dengan aspekpribadi-sosial siswa adalah membantu siswa agar mampu memiliki sikap positif atau respek terhadap diri sendiri dan orang lain. Banyak terjadi kasus rendahnya kesadaran akan respek seperti perilaku siswa mencontek, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran, berkelahi dengan teman, hingga pemalakan antar teman. Oleh karena itu, perlu ada usaha preventif yang dilakukan sejak dini agar kejadian-kejadian tersebut tidak tumbuh menjadi kebiasaan dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan biblio edukasi untuk meningkatkan kesadaran akan respek pada diri siswa SD. Pendekatan yang dilakukanya itu kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah whitin group or individual design dengan bentuk equivalent time series design. Pemilihan subjek dengan metode purposive sampling. Analisis data dengan teknik non parametrik uji Wilcoxon Sign Rank Test.

 

Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak ada perbedaan kesadaran akan respek antara sebelum dan sesudah diberikan treatment 1 – 4. Dan ada perbedaan kesadaran akan respek antara sebelum dan sesudah diberikan treatment 5 – 8. Treatment 1 – 4 bertujuan untuk meningkatkan respek kepada diri. Treatment 5 – 8 bertujuan untuk meningkatkan respek kepada orang lain. Namun secara keseluruhan, jika diukur dari skor pretest keposttes takhir dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan kesadaran akan respek antara sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa biblio edukasi. Dengan kata lain, biblio edukasi efektif untuk meningkatkan kesadaran akan respek pada siswa SD.