SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Manajemen Diri Untuk Mereduksi ProkrastinasiAkademik Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tulungagung

NURHUDA AGUS

Abstrak


ABSTRAK

Nurhuda, Agus. 2018. Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Manajemen Diri Untuk Mereduksi ProkrastinasiAkademik Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Carolina Lydia Radjah M. Kes.,

(II) Dr. Triyono M. Pd

 

Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Teknik Manajemen Diri,  Konseling Kelompok

Prokrastinasi akademik adalah praktik penundaan  siswa dalam memenuhi tanggung jawab sebagai peserta didik ditandai adanya kebiasaan menyimpang dari kegiatan akademik dan penyelesaian tugas akademik yang dapat mendatangkan konsekuensi negatif. Teknik manajemen diri merupakan teknik pengembangan potensi mengatur diri dengan melakukan kegiatan dimulai dari pemantauan diri melalui pengecekan dan pengevaluasian keadaan diri dalam situasi bermacam-macam sesudah itu menjalankan perubahan memakai upaya penentuan perilaku, pengaturan lingkungan, penyediaan hadiah sebagai konsekuensi kinerja dan perjanjian pada diri sendiri. Penerapan teknik manajemen diri dalam konseling kelompok,akan meningkatkanpemahaman dan pengembangan diri dalam melaksanakan tugas akademik.  Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik manajemen diri untuk mereduksi prokrastinasi akademik Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 tulungagung.

 

Pendekatan kuantitatif digunakan dalam pendekatan penelitian ini,  dengan desain penelitian menggunakan one group-pretest postest design.Pengambilan subjek penelitian memakai carapurpose sampling dengan kritreria meliputi:

(1) Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tulungagung.

(2) Bersedia mengikuti pengukuran tingkat prokrastinasi akademik

(3) Bersedia mengikuti treatment konseling kelompok teknik manajemen yang dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan. Berdasarkan kriteria subjek penelitian yang telah dijabarkan terdapat lima siswa yang terpilih akan mengikuti konseling kelompok teknik manajemen diri yaitu A. K. P,  A. W. R, M. A. A, O. S. P, dan Y. G. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis prokrastinasi akademik. Pengolahan data penelitian ini menggunakan teknik statistik nonparametrik dengan analisis wilcoxon sign rank test.

 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penurunan prokrastinasi akademik siswa paska mengikuti layanan konseling kelompok teknik manajemen diri. Analisis data willcoxon sign rank test didapati nilai -2.023 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,043, yang dapat diartikan konseling kelompok teknik menajemen diri dapat mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tulungagung. Berdasarkan penelitian, disarankan kepada konselor menerapkan teknik manajemen diri dalam konseling kelompok dengan menambahkan sesi pertemuan sehingga dapat lebih meningkatkan keefektifannya.