SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Biblioedukasi untuk Meningkatkan Kesadaran akan Kontrol Diri Siswa SD

Muhammad Indra Wijaya

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan biblioedukasi untuk meningkatkan kesadaran akan kontrol diri siswa SD. Penelitian eksperimen dengan rancanagan equivalent time series design ini mengambil sampel dengan teknik purposive sampling yang pemilihan sampel tidak secara acak tetapi penentuan sampel dengan cara menetapkan ciri - ciri khusus yang sesuai dengan tujuan. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa, setelah melalui pre-test menggunakan inventori skala kesadaran akan kontrol diri terdapat 16 siswa yang mendapatkan skor dengan kategori rendah dan sedang. subjek tersebut menjadi fokus penelitian yang akan diberikan treatment berupa biblioedukasi sebanyak delapan kali dengan dua periode setelah pre-test dan post-test 1. Setelah itu dilakukan post-test 2 untuk terakhir kalinya pengukuran. Hasil sebelum dan sesudah diberikan treatment diuji menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil data menunjukan bahwa mengalami peningkatan yang berarti bibilioedukasi efektif untuk meningkatkan kesadaran akan kontrol diri siswa SD.