SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kebutuhan Informasi Karier Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Tulungagung

Ellfin Krisdiana Fauzi

Abstrak


Kebutuhan adalah keadaan dimana merasa kekurangan atau keinginan untuk mewujudkan sesuatu. Kebutuhan-kebutuhan ini memicu seseorang untuk mencari informasi sebagai bentuk pemenuhan rasa ingin tahu dari seseuatu tersebut. Kebutuhan informasi karier adalah keinginan untuk mendapatkan data dan fakta tentang informasi karier yang mencakup informasi pribadi, informasi kelanjutan studi, dan informasi jabatan. Kebutuhan informasi karier sangat membantu konselor dan peserta didik. Bagi konselor perlu mengidentifikasi kebutuhan informasi karier untuk memberikan layanan yang tepat pada peserta didik, sedangkan bagi peserta didik dapat menjadi wadah  dalam memilih sesuai dengan kebutuhannya sehingga mendapatkan layanan yang sesuai dan akurat.

Tujuan Peneleitian untuk mengetahui informasi karier yang dibutuhkan siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Tulungagung. Rancangan penelitian menggunakan metode deskriptif presentase. Sampel penelitian 120 siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Tulungagung yang di ambil menggunakan Cluster Radom Sampling. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa 112 siswa (93%) memiliki kecenderungan membutuhkan informasi pribadi, sebanya 82 siswa (82%) memilih membutuhkan informasi kelanutan studi dan 22 siswa (18%) membutuhkan informasi jabatan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Tulungagung membutuhkan informasi dalam aspek pribadi,  siswa membutuhkan informasi aspek psikis, kepribadian dan nilai diri. Pada informasi kelanjutan studi cenderung mebutuhkan informasi persyaratan masuk sekolah, cara mempersiapkan persyaratan masuk sekolah lanjutan dan variasi jurusan yang ada di sekolah lanjut.

 

Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa saran yang perlu dipertimbangkan oleh konselor MTs Negeri 2 Tulungagung dan peneliti selanjutnya. Saran untuk konselor MTs Negeri 2 Tulungagung adalah dapat mengembangkan hasil dari penelitian ini sebagai dasar pemberian layanan yang tepat kepada setiap siswa untuk memenuhi kebutuhan informasi kariernya. Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian lebih lanjut tentang kebutuhan informasi karier, maka disarankan untuk menyertakan variabel-variabel lain.