SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengembanganKonten Media Sosial Instagram tentangInformasiPekerjaanbagiSiswa SMP

Kholifatul . Rokhmsh

Abstrak


Kata Kunci: Pekerjaan Konvensional dan milenial, Bimbingan, Layanan Informasi, Karier

Di era teknologi, internet telah memasuki dunia pendidikan dan menjadi media yang multi fungsi.Walaupun dalam pencarian informasi sangat mudah, pada kenyataannya masih banyak remaja yang belum bisa menuntaskan tugas pekembangannya dalama spekper kembangan wawasan dan kesiapankarier yang berhubungan dengan deskripsi pekerjaan konvensional dan milenial.Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi konselor untuk memberikan layanan informasi.Saat ini konselor belum memiliki media informasi yang banyak dimintai oleh siswa.Sehingga perlu dikembangkan media layanan informasi pekerjaan berupa Instagram.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk konten media sosial Instagram tentang informasi pekerjaan bagisiswa SMP yang memenuhi persyaratan keberterimaan (akseptabilitas) beserta buku panduan konselor sebagai petunjuk penggunaan.Produk ini dapat digunakan konselor dalam melakukan bimbingan karier yang berterima secara teoritis dan praktis.

Penelitian ini menggunakan model yang diadaptasi dari Borg and Gall (1983).Adapun prosedur pengembangan yang dilakukan sebagai berikut:

1) pengumpulan data,

2) perencanaan,

3) pengembanganproduk,

4) validasidan

5) revisiprodukakhir.

Identifikasi kebutuhan menggunakan alat berupa pedoman wawancara dan angket kebutuhan.Instrumen uji coba produk menggunakan angket penilaian sedangkan validasi dilakukan oleh uji ahli materi, ahli media dan calon pengguna produk (konselor).

Hasil penilaian ahli dan calon pengguna produk menunjukkan bahwa konten media sosial Instagram tentang informasi pekerjaan bagi siswa SMP telah memenuhi aspek ketepatan, kegunaan, kemudahan dan kemenarikan, sehingga media layanan informasi pekerjaan berupa Instagram memiliki kriteria keberterimaan bagi siswa SMP. Hal ini terbukti dari hasil analisis penilaian uji ahli dan pengguna produk dengan menggunakan inter-rater agrrement model menunjukkan skorindeks 1 yang artinya produk memiliki validitas sangat tingggi, dengan demikian keberterimaan produk juga tinggi.

 

Berdasarkan hasil pengembangan, disarankan bagi konselor untuk menggunakan media layanan informasi pekerjaan berupa Instagram dan buku panduan media dalam memberikan layanan informasi serta mempelajari dan memahami buku panduan agar proses pelaksanaan layanan dapat berjalan dengan efektif. Saran untuk peneliti selanjutanya dapat mengujike efektifan produk melalui penelitian eksperimen.