SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Aspirasi Karier Remaja Pesisir (Studi Kasus di Pulau Gili Ketapang Probolinggo)

Jannah Lailatul

Abstrak


Jannah, Lailatul. 2019. Aspirasi Karier Remaja Pesisir (Studi Kasus di Pulau Gili Ketapang Probolinggo). Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Dr. Muslihati, S. Ag, M.Pd.

(2) Irene Maya Simon S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aspirasi Karier, Remaja Pesisir, Gili Ketapang

Dunia pendidikan merupakan tombak dalam menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi. Bersama dengan kemajuan teknologi informasi di era ini juga tak lepas dari munculnya banyak permasalahan di masyarakat salah satunya dalam bidang pekerjaan. Pendidikan merupakan pintu dalam mengantarkan generasi muda untuk mengetahui lebih jauh permasalahan-permasalahan termasuk permasalahan dalam dunia pekerjaan. Bekerja adalah salah satu keputusan karier setelah mereka lulus sekolah. Permasalahan pemilihan pekerjaan ini juga dialami oleh remaja pesisir di Gili Ketapang Probolinggo. Hal tersebut dikarenakan masih minimnya informasi terkait aspirasi karier remaja pesisir.

Penelitian ini memiliki berfokus pada eksplorasi jenis aspirasi karier, makna aspirasi karier dan hambatan serta dukungan dalam mencapai aspirasi karier remaja pesisir Gili Ketapang. Fokus penelitian tersebut akan memberikan deskripsi mengenai aspirasi karier remaja pesisir yang secara metodologis menggunakan pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus digunakan untuk memberikan gambaran suatu objek kajian dengan mendalami peristiwa, permasalahan atau suatu kasus. Peneliti akan lebih memahami secara komprehensif makna dan bagaimana aspirasi karier remaja pesisir beserta hambatannya selama ini.

Hasil temuan dan pemaknaan data aspirasi karier remaja pesisir Gili Ketapang diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai rujukan dalam mengembangkan program layanan bimbingan dan konseling khususnya untuk sekolah di daerah pesisir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan bahan referensi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspirasi karier remaja pesisir dipengaruhi erat dengan lingkungan baik keluarga, teman sebaya ataupun tempat tinggalnya. Pada komponen jenis aspirasi karier, remaja pesisir memilih jenis karier yang berbeda-beda mulai dari yang mengharuskan memiliki keahlian khusus hingga keterampilan khusus. Remaja pesisir telah mampu menyusun rencana secara rinci baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang untuk mempersiapkan kariernya. Pada komponen makna aspirasi karier, remaja pesisir memaknai karier sebagai ibadah, pengembangan potensi diri dan sarana untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini sesuai dengan karakteristik masyarakat Gili Ketapang yang menjunjung tinggi nilai agama dibandingkan kepentingan duniawi. Pada komponen hambatan dan dukungan untuk mencapai aspirasi karier, untuk mencapai aspirasi kariernya remaja pesisir dipengaruhi oleh orang-orang terdekatnya yang memiliki dampak besar bagi pemilihan keputusan kariernya seperti orang tua dan teman sebaya dan saudara sebagai inspiratornya. Hambatan yang dihadapi remaja pesisir dalam mencapai aspirasi kariernya adanya tekanan dan  juga kurangnya dukungan serta faktor alam yang sulit diprediksi bagi remaja yang telah bekerja, mengingat pekerjaan mereka yang langsung berhadapan dengan alam. Dukungan yang remaja pesisir harapkan ialah segi finansial, motivasi dan penghargaan diri. Ketiga komponen tersebut menunjukkan bahwa remaja pesisir memiliki aspirasi karier yang beragam, memiliki prinsip-prinsip tertentu dan erat dipengaruhi oleh lingkungannya.

Penelitian aspirasi karier remaja pesisir di Pulau Gili Ketapang Probolinggo ini diharapkan memberikan informasi dan pengetahuan bagi guru bimbingan dan konseling untuk dapat mengembangkan program layanan bimbingan karier yang tepat bagi remaja pesisir. Selain program, juga sebagai rujukan untuk mengembangkan media pemberian layanan karier yang sesuai dengan karakteristik remaja pesisir. Saran kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mendalami karakteristik remaja pesisir dilihat dari berbagai bidang seperti pribadi, sosial, belajar dan karier.