SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan paket pendidikan seks sebagai layanan informasi untuk anak taman kanak-kanak dengan teknik bermain bercerita

Indah Susanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Indah. 2009. Pengembangan Paket Pendidikan Seks sebagai Layanan Informasi pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak dengan Teknik Bermain Becerita. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing     (1) Dra. Elia Flurentin, M.Pd., (2) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd..

 

Kata kunci : Pendidikan seks, layanan informasi, anak Taman Kanak-Kanak, teknik bermain dan bercerita

 

Banyak kasus pelecehan seksual yang dilakukan orang dewasa kepada anak kecil seperti sodomi, pemerkosaan kepada anak dibawah umur di masyarakat Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah minimnya pendidikan seks yang diberikan oleh orang tua maupun sekolah kepada anak didik. Pendidikan seks perlu diberikan kepada anak sejak kecil dengan benar sesuai dengan umur anak, maksud pemberian pendidikan seks itu baik, supaya anak-anak mendapatkan informasi yang benar tentang seksualitas. Kesan tabu, kotor, jorok dan dosa bila membicarakan tentang seks, membuat orang tua membatasi pemberian informasi yang benar tentang seks kepada anaknya dan anak cenderung mencari informasi sendiri yang justru belum tentu kebenarannya.

Tujuan pengembangan paket ini adalah untuk menghasilkan peket pendidikan seks sebagai layanan informasi pada anak usia Taman Kanak-Kanak dengan teknik bermain bercerita yang berterima secara teoritis melalui uji ahli dan berterima secara praktis melalui uji coba produk (uji lapangan).

Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan prosedural dengan mengadaptasi langkah-langkah dari Dick and Carey. Langkah- langkah dalam penelitian ini meliputi, melakukan need assesment (identifikasi kebutuhan informasi kebutuhan pendidikan seks), identifikasi materi dan menetapkan prioritas kebutuhan, menentukan tujuan umum dan khusus, mendesain produk, validasi desain dari uji ahli, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel penelitian peserta didik TK Lab UM dan TK Muslimat NU 16 Malang. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis kualitatif.

Hasil penilaian uji ahli menunjukkan bahwa nilai rerata pada produk pengembangan secara keseluruhan adalah 3,11. Nilai rerata 3,11 memiliki makna bahwa paket pendidikan seks untuk anak usia Taman Kanak-Kanak  ini sangat baik. Untuk itu, paket pendidikan seks untuk anak usia Taman Kanak-Kanak ini telah berterima secara teoritis. Dari uji lapangan di TK Lab UM dan TK Muslimat NU 16 didapatkan data bahwa anak sangat antusias ketika informasi tentang pendidikan seks ini diberikan dan rasa ingin tahu mereka tinggi dengan mengajukan pertanyaan kepada guru setelah informasi disampaikan.

Saran untuk penelitian ini adalah sebagai berikut:(1)Sekolah hendaknya menyediakan ruangan media yang fleksibel untuk digunakan dalam proses belajar pembelajaran dengan berbagai teknik belajar,(2) Konselor/ pengajar TK hendaknya membekali diri dengan informasi pendidikan seks untuk anak TK lebih mendalam,(3) Penulis selanjutnya diharapkan mengembangkan produk lanjutan dari produk ini sebagai bahan tambahan informasi bagi konselor/ pengajar di TK.