SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PANDUAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BAGI SISWA SMP

MUNAWAROH WILDAH AL

Abstrak


ABSTRAK

Munawaroh, Wildah Al. 2019. Pengembangan Panduan Penyesuaian Diri dengan Model Creative Problem Solving bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbingan:

(I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd,

(II) Djoko Budi Santoso, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: penyesuaian diri, creative problem solving

Penyesuaian diri remaja dimulai ketika remaja berada dijenjang sekolah menengah pertama. Hal ini karena pada jenjang SMP siswa berada pada usia masa remaja. Pada masa ini siswa mengalami berbagai perubahan yang dapat mengakibatkan terjadinya berbagai masalah, sehingga dengan adanya perubahan tersebut siswa dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan sekolah meliputi penyesuaian diri terhadap guru, siswa, kurikulum, dan lingkungan sekolah.

Oleh karena itu, agar siswa dapat menyesuikan diri dengan lingkungan sekolah dengan maksimal maka perlu dilakukan layanan bimbingan yang bertujuan membantu penyesuaian diri siswa dalam kegiatan tersebut. Untuk itu dikembangkan media dan model bimbingan berupa panduan penyesuaian diri dengan model creative problem solving yang telah diujikan pada ahli materi, ahli media, dan calon pengguna panduan.

Penelitian menghasilkan dua produk yakni buku panduan untuk konselor dan buku panduan untuk konseli. Buku panduan disusun dengan acuan hasil analisis kebutuhan siswa dan disesuaikan dengan karakteristik siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg and Gall menggunakan lima langkah  pengembangan. Uji ahli terdiri dari uji ahli materi, uji ahli media, dan uji ahli calon pengguna (konselor). Analisis data penilaian dari uji ahli dianalisis dengan mencari rata-rata nilai. Saran, kritik, dan masukan uji ahli digunakan sebagai acuan revisi produk penelitian.

Penelitian dan pengembangan dinilai untuk memenuhi kriteria keberterimaan dalam empat aspek yakni ketepatan, kegunaan, kemudahan, kemenarikan. Dari hasil penilaian diperoleh hasil bahwa panduan tersebut telah memenuhi kriteria keberterimaan dengan rata-rata uji ahli materi panduan konselor (3,61), rata-rata uji ahli materi panduan siswa (3,64), rata-rata uji ahli media panduan konselor (3,71), dan rata-rata uji ahli media panduan konselor (3,75)  sehingga panduan tersebut dinilai layak utuk digunakan baik konselor maupun siswa.

 

SUMMARY

Munawaroh, Wildah Al. 2019. Pengembangan Panduan Penyesuaian Diri dengan Model Creative Problem Solving bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Thesis, Guidance and Counseling, the faculty of education, State University of Malang.

Advisor:

(I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd,

(II) Djoko Budi Santoso, S.Pd, M.Pd.

 

Key Word: self adjustment, the model creative problem solving

Adolescent self-adjustment occur when adolescents are in junior high school. This is because at the junior high school level students are in their teens. At this period students experience various changes, that can lead to various problems, so that with these changes students are required to be able to adjust to the school including adjusting to the teacher, students, curriculum, and school environment.

Because of this,  students can adapt themselves to the school environment to the fullest, it is necessary to do guidance services aimed at helping students adjust themselves to these activities. For this reason, the media was developed and the guidance model was in the form of a self-adjusting guide to the creative problem solving model that had been tested on material experts, media experts, and prospective user guides.

This research produced two products, the first a guidebook for counselors, and the second a guidebooks for counselees. The guidebook is prepared by reference to the results of the analysis of student needs and adapted to the characteristics of junior high school students. This study apply the Borg and Gall research model which is up to five steps development. Expert test consists of material expert test, media expert test, and expert test of the prospective user (counselor). Analysis of assessment data from expert tests was analyzed by looking for average values. Suggestions, criticisms, and input of expert tests are used as references for revision of research products.

 

This research and development is assessed to fulfill acceptability criteria in four aspects, namely accuracy, usability, easy, attractiveness. The results of the assessment show that the guidelines have met the acceptance criteria with an average test of the counselor guide material (3,61), the avarage test of the student guide material expert (3,64), the avarage test of the counselor guide media expert (3,71), and the avarage test of the student guide media expert (3,75), so that the guidelines are worthy of being used for both counselors and students.