SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Bimbingan Kelompok melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa SMK

Mufidah Lailatul

Abstrak


RINGKASAN

Mufidah, lailatul. 2019. Keefektifan bimbingan kelompok melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa di SMK PGRI 1 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang,

Pembimbing:

(I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd,

(II) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd.

 

Kata Kunci: bimbingan kelompok, pencak silat, sikap percaya diri, siswa SMK

 

Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan dalam jiwa manusia bahwa tantangan hidup apa pun harus dihadapi dengan berbuat sesuatu. Kepercayaan diri berperan penting dalam proses pertumbuhan kepribadian individu. Membangun kepercayaan diri siswa dapat dilakukan melalui bimbingan kelompok dengan kegiatan ekstrakurikuler pencak silat yang secara sederhana dapat diartikan sebagai kegiatan di luar mata pelajaran wajib yang bertujuan untuk pengembangan diri siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa SMK PGRI 1 Pasuruan Penelitiaan ini merupakan penelitiaan kuantitaif dengan metode penelitian eksperimen yang menggunakan desain pre-experimental. Desain yang digunakan peneliti yakni pretest-posttest design. Peneliti menggunakan inventori yang berisi sejumlah pernyataan yang harus diisi oleh subyek penelitian. Inventori tersebut ada 4 skala yaitu SS, S, TS, STS sehingga peneliti dapat lebih cepat dalam melakukan analisis inventori sebelum dan sesudah diberikan treatment. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa-siswi SMK PGRI 1 Pasuruan yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian sekitar 5 siswa, dimana subjek penelitian tersebut di kembangkan berdasarkan jumlah perolehan skor percaya diri yang terendah dari hasil seleksi subjek dengan menggunakan inventori percaya diri yang dibuat oleh peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik nonparametrik dengan mengukur perbedaan antara pretest dan posttest dengan teknik analisis wilcoxon. Hasil perhitungan statistik menggunakan uji wilcoxon pada penelitian diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,042, sehingga dapat dikatakan bahwa 0,042 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain bimbingan kelompok melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMK PGRI 1 Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengembangkan dan memanfaatkan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolahan sehingga siswa mendapatkan pengalaman di luar jam pelajaran agar lebih mengoptimal dalam meningkatkan percaya dirinya.