SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA MENGGUNAKAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB AKADEMIK SISWA SMA

Trisnawati Putri Laras

Abstrak


ABSTRAK

Trisnawati, Putri Laras. 2019. Keefektifan Konseling Kelompok RealitaMenggunakan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Dr. Triyono, M.Pd.,

(2) Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Konseling kelompok realita, Teknik Psikodrama, Tanggung Jawab Akademik

Tanggung jawab akademik adalah sikap dan perilaku sesorang dalam melakukan tugas dan kewajiban sebagai seorang pelajar ditujukkan dengan membantu teman dalam memahami tugas akademik, menghormati dan menghargai hak-hak orang lain dalam hal akademik, melakukan kewajiban sebagai pelajar dan memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan akademik. Tanggung jawab akademik yang rendah dapat menyebabkan terganggunya proses pembelajaran dan sangsi dari sekolah. intervensi yang dapat diberikan untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa adalah konseling kelompok realita menggunakan teknik psikodrama. Teknik psikodrama dapat meningkatkan pemahaman tentang diri dan memperjelas gambaran masa depan siswa. Konseling kelompok realita membantu dalam memenuhi identitas sukses. Konseling kelompok realita memenuhi kebutuhan diri melalui prinsip 3R yaitu bertanggungjawab (responsibility), sesuai realita (reality), dan benar (right). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok realita menggunakan teknik psikodrama untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMA.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah within-group or individual design dengan bentuk single-group interrupted time series design. Rancangan ini menggunakan pengukuran terhadap satu kelompok sebelum dan sesudah perlakuan dengan beberapa kali pretest dan posttest untuk melihat kestabilan subyek penelitian. Subyek penelitian adalah siswa kelas X jurusan bahasa SMAN 8 Malang. Penetapan subyek menggunakan teknik purposive sampling atau berdasarkan pertimbangan tertentu, yaitu siswa yang tergolong level tanggung jawab akademik 0-2 serta melalui proses observasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tanggung jawab akademik, pedoman observasi tanggung jawab akademik dan pedoman pelaksanaan konseling kelompok realita menggunakan teknik psikodrama. Analisis penelitian ini menggunakan analisis data individu dan analisis data kelompok menggunakan analisis statistik uji wilcoxon.

Hasil penelitian menggunakan data tiga pretest yang stabil pada setiap subyek, data hasil observasi, data tiga posttest yang rata-rata mengalami peningkatan serta transkrip konseling kelompok realita menggunakan teknik psikodrama. Analisis data kelompok menggunakan analisis uji wilcoxon menujukkan bahwa konseling kelompok realita menggunakan psikodrama memberikan pengaruh terhadap tanggung jawab akademik siswa SMA.

 

ABSTRACT

Trisnawati, Putri Laras. 2019. Effectiveness of Reality Group Counseling

Using Psychodrama Techniques to Improve Academic Responsibilities of High School Students. Thesis, Departmen Guidance and Counseling,           Faculty of Education, State University of Malang.

Pembimbing:

(1) Dr. Triyono, M.Pd.,

(2) Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd

 

Key words: Reality therapy, group counseling, Psycodrama, Academic Responsibilities

Academic responsibility is the attitude and behavior of someone in carrying out their duties and obligations as a student is shown by helping friends in understanding academic assignments, respecting the rights of others in academic matters, performing obligations as students and utilizing free time with academic activities. Low academic responsibility can cause disruption of the learning process and sanctions from school. Interventions that can be given to improve students academic responsibilities are reality group counseling using psychodrama techniques. Psychodrama techniques can improve self-understanding and clarify the future of students. Reality group counseling helps in fulfilling a successful identity. Reality counseling groups fulfill their needs through the 3R principle, which is responsibility, according to reality, and right. The purpose of this study was to find out the effectiveness of reality group counseling using psychodrama techniques to improve the academic responsibilities of high school students.

The design used in this research is within-group or individual design with the form of single-group interrupted time series design. This design uses measurements of one group before and after treatment with several pretest and posttest to see the stability of the research subjects. The research subjects were students of class X majoring in language at SMAN 8 Malang. Determination of subjects using purposive sampling technique or based on certain considerations, namely students belonging to the level of academic responsibility 0-2 and through the observation process. The instruments used were instruments of academic responsibility, guidelines for observing academic responsibilities and guidelines for implementing reality group counseling using psychodrama techniques. The analysis of this study used individual data analysis and group data analysis using the Wilcoxon test statistical analysis.

The results using three stable pretest data on each subject, observational data, three posttest data that had an average increase and reality group counseling transcripts using psychodrama techniques. Group data analysis using the Wilcoxon test analysis showed that counseling reality groups used psychodrama to influence the academic responsibilities of high school students.