SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Bibliotherapy terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja Tunadaksa YPAC Malang

Novilia Nur Islamiyati

Abstrak


RINGKASAN

Islamiyati, Novilia Nur. 2018. Pengaruh Bibliotherapy terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja Tunadaksa YPAC Malang. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Weni Utami, M.Si(2) Pravissi Shanti, S.Psi, M.Psi.

Kata Kunci: bibliotherapy, kesejahteraan psikologis, remaja tunadaksa

Kesejahteraan psikologis remaja tunadaksa merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pada masa ini remaja mulai membangun indetitasnya sebagai individu yang produktif di lingkungannya, membuat tujuan dalam pendidikan atau pekerjaan, mengembangkan kapasitas untuk hubungan dengan lawan jenis, dan menerima tanggung jawab sosial. Namun, hal tersebut merupakan tantangan bagi remaja tunadaksa, karena harus menghadapi berbagai permasalahan menyangkut kondisi kecatatan fisik yang dimilikinya, dan keadaannya tentu akan berbeda dengan kondisi remaja normal pada umumnya.Jumlah keterbatasan fisik atau kecacatan dapat mempengaruhi kesejahteraan psikologisremaja tunadaksa, semakin banyak hambatan yang dimiliki maka akan semakin rendah kesejahteraan psikologisyang dimiliki.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhbibliotherapy terhadapkesejahteraan psikologisremaja tunadaksa.Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experimental designsdengan model one-group pretest-posttest design. Jumlah subjek yang digunakan adalah 3 subjek siswa YPAC Kota Malang. Instrumen yang digunakan berupa skala psychological well-being sejumlah 31 aitemmenggunakan tryout terpakai dan memiliki indeks reliabilitas 0,908. Selain itu juga digunakan panduan bibliotherapy sebagai acuan dalam menerapkan teknik biblliotherapy.

Hasil penelitian dengan analisis uji beda non-parametrik wilcoxon signed ranks testmenunjukkanbahwa nilaiĀ  sig. (2-tailed) adalah0,102 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwatidak adapengaruh bibliotherapy terhadapkesejahteraan psikologisremaja tunadaksa.