SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN STRES DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 2 BATU

Marissa Zulvia Soffi

Abstrak


RINGKASAN

Soffi, MarissaZulvia, 2019. Hubungan Stres dengan Prestasi Akademik Siswa Full Day School di SMA Negeri 02 Batu. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Elia Flurentin, M.Pd (II) Drs. DjokoBudi Santoso, M.Pd.

Kata Kunci:Stres, prestasi akademik, full day school

Stres merupakan kondisi yang dirasakan akibat adanya tuntutan dalam diri dan lingkungan. Gejala stres dilihat dari empat segi yaitu gejala fisik, emosional, intelektual dan interpersonal. Perkembangan pendidikan di Indonesia telah memiliki kemajuan salah satunya dengan adanya program lima hari sekolah atau biasa disebut full day school. Program full day school merupakan model sekolah umum memadukan program pengajaran keagamaan secara intensif yaitu memberi waktu khusus untuk pembentukan karakter dan pendalaman keagamaan siswa. Hal ini dapat mempengaruhi prestasi akademik yang diperoleh siswa. Prestasi akademik yang diperoleh dalam perwujudan hasil belajar dapat berhasil jika dilakukan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menunjukkan hubungan antara stres dengan prestasi akademik siswa full day school di SMA Negeri 02 Batu.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 02 Batu. Jumlah sampel adalah 103 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner skala stres  dan menggunakan nilai raport tengah semester I tahun ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis korelasi product moment pearson.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres siswa SMA Negeri 02 Batu sebagian besar dalam kategori sedang dengan persentase 57,3%, prestasi akademik sebagian besar dalam kategori cukup dengan persentase 56,3%. Hasil uji hipotesis dengan nilai korelasi sebesar -0,224 dan nilai signifikansi 0,023 dengan p < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara stres dengan prestasi akademik siswa SMA Negeri 02 Batu. Semakin tinggi tingkat stres siswa maka semakin rendah prestasi akademik yang didapatkan dan sebaliknya semakin rendah tingkat stres siswa maka semakin tinggi prestasi akademik yang didapatkan.

Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar pihak sekolah dapat meningkatkan lagi pencapaian tujuan sekolah dengan mengadakan evaluasi pelaksanaan sistem full day school agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang menyenangkan, efektif dan efesien. Bagi konselor dapat memanfaatkan hasil penelitiansebagai bahan wawasan serta dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun program bimbingan dan konseling.Bagi Peneliti Selanjutnya untuk dapat dijadikan sumber referensi di bidang penelitian sejenis.