SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KANDAT KABUPATEN KEDIRI

Novi Andriyani Tohiriyah

Abstrak


RINGKASAN

Prestasi belajar siswa adalah suatu hasil yang didapat oleh seseorang setelah mengikuti kegiatan belajar dalam waktu tertentu dalam prestasi belajar tentunya juga terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi. Faktor tersebut antara lain status sosial ekonomi orang tua dan motivasi berprestasi. Kedua faktor tersebut dapat menghambat atau bahkan memperlancar prestasi belajar siswa. Dengan adanya fasilitas belajar yang dipenuhi oleh orang tua, akan menjadikan proses belajar siswa menjadi lancar dan dengan adanya motivasi berprestasi akan mendorong siswa untuk belajar dengan rajin sehingga memperoleh prestasi yang diinginkan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) mengetahui gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri, (2) mengetahui gambaran motivasi berprestasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri, (3) mengetahui gambaran prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri, (4) mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi berprestasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri, (5) mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri, (6) mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri, (7) hubungan status sosial ekonomi orang tua dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri. Populasi dari siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kandat sebanyak 218 siswa, namun sampel yang digunakan untuk penelitian sebanyak 118 siswa pada kelas XI SMA Negeri 1 Kandat Kabupaten Kediri. Untuk pengumpulan data menggunakan instrumen dan nilai raport tahun ajaran 2017/2018 sebagai proses jalannya penelitian. Dalam penelitian ini terdapat tiga instrumen yang pertama angket status sosial ekonomi orang tua dan skala motivasi berprestasi sedangkan prestasi belajar siswa menggunakan studi dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linier berganda. Tehnik ini digunakan untuk mengetahui hubungan secara parsial maupun simultan.

Hasil penelitian menunjukkan (1) cukup banyak (53,4%) siswa yang memiliki status sosial ekonomi orang tua pada kategori sedang. (2) banyak (72,4%) siswa yang mempunyai motivasi berprestasi pada kategori sedang. (3) banyak (61,87%) siswa memiliki prestasi belajar pada kategori sedang. (4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar. (5) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi berprestasi. (6) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa. (7) terdapat hubungan namun tidak simultan atau secara bersama-sama hal ini dikarenakan terdapat salah satu variabel terikat yang tidak memiliki hubungan pada variabel bebas. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru BK memberikan layanan bimbingan pribadi kepada siswa untuk meningkatkan motivasi prestasi siswa dan mengajak siswa untuk tetap fokus pada prestasi belajar mereka dan memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan layanan bimbingan dan konseling. Untuk peneliti lebih lanjut, perlu untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa dengan subjek yang lebih luas