SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

TERAPI MENULIS UNTUK MENGURANGI HIPERAKTIVITAS PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI CHILDREN LEADERSHIP EDUCATION (CLE) MALANG

Yulina Firdausi

Abstrak


ABSTRAK

 

Firdausi, Yulina. 2010. Terapi Menulis Untuk Mengurangi Hiperaktivitas Pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Children Leadership Education (CLE) Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Alwisol, M.Pd, (II) Ika Andrini Farida, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci : Terapi Menulis, Hiperaktivitas, ADHD

 

Penderita ADHD harus dilatih untuk mengurangi simptom-simptom ADHD. Hiperaktivitas merupakan salah satu simptom dari anak ADHD. Perilaku hiperaktif adalah aktivitas berlebihan yang dilakukan anak tanpa arah dan tujuan yang tepat. Simptom hiperaktif dapat muncul secara bersama-sama dengan simptom inatensi yang dapat menghambat perkembangan anak. Terobosan baru dalam penanganan anak ADHD hingga saat ini masih terus dilakukan. Penanganan yang sudah ada yaitu menggunakan terapi medik dan terapi psikologis. Salah satu terapi yang dapat digunakan untuk mengurangi hiperaktivitas anak ADHD adalah terapi menulis. Terapi menulis merupakan suatu bentuk modifikasi perilaku yang bertujuan untuk memunculkan tingkahlaku baru atau menghilangkan tingkahlaku yang tidak dikehendaki. Bentuk perilaku baru adalah anak ADHD mau duduk dengan tenang dan mau menulis dengan posisi duduk yang nyaman dan tepat. Terapi menulis juga dapat meningkatkan keterampilan menulis pada anak. Penurunan dua simptom ADHD dapat membantu perkembangan anak menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terapai menulis dapat mengurangi hiperaktivitas pada anak ADHD dan dapat meningkatkan keterampilan menulis pada anak ADHD.

Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di lembaga Children Leadership Education (CLE) Malang. Subyek penelitian yang digunakan sebanyak 3 anak penderita ADHD. Instrumen yang digunakan adalah tabel komponen perilaku hiperaktif dan teks tulisan sebanyak 7 teks dengan bermacam-macam cerita. Pengukuran perilaku hiperaktif dilakukan dengan membandingkan data pretest dan data posttest menggunakan tabel komponen perilaku hiperaktif dan evaluasi tulisan menggunakan tiga indikator yaitu kecepatan, ketepatan dan kerapian.

Hasil penelitian terhadap perilaku hiperaktif menunjukkan terapi menulis dapat mengurangi hiperaktivitas satu dari ketiga subyek penelitian. Hal ini menandakan terdapat penurunan perilaku hiperaktif pada satu subyek penelitian. Hasil penelitian ini juga diperkuat dengan bantuan  Uji Chi Kuadrat SPSS 15 for windows. Hasil penelitian terhadap keterampilan menulis pada ketiga subyek penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis yang tidak maksimal seiring dengan pemberian terapi menulis. Pengujian keterampilan menulis dilakukan dengan membandingkan nilai masing-masing ketiga indikator dengan nilai rata-rata masing-masing ketiga indikator pada masing-masing subyek penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada lembaga CLE untuk melakukan terapi menulis sebagai terapi tambahan untuk mengurangi simptom-simptom ADHD. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah sampel agar dapat dilakukan generalisasi dan perbaikan pada instrumen penelitian yang lebih cermat sehingga hasil penelitian dapat lebih baik lagi.