SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Permainan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa

Amna Riskya

Abstrak


RINGKASAN

Riskya, Amna.2018. Pengembangan Buku Panduan Permainan Kelompok untuk

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa.Skripsi,

Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. M. Ramli, M.A. dan (II) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd

 

Kata kunci: Keterampilan komunikasi interpersonal, permainan kelompok, buku panduan

Banyak kasus siswa mengalami masalah komunikasi salah satu cara untuk membantu mereka ialah dengan permainan kelompok, namun demikian konselor mengalami kesulitan karena itu mereka memerlukan buku panduan sehingga penelitian ini menghasilkan buku panduan permainan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal.

Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang diadaptasi dari model Borg and Gall (1983). Kesepuluh langkah model pengembangan Borg and Gall merupakan siklus yang saling berkaitan. Penelitian  pengembangan buku panduan ini  dilakukan sampai pada tahap menghasilkan produk akhir, yaitu berupa buku panduan permainan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal yang sudah diuji kevalidanya pada ahli materi, media, dan calon pengguna produk serta uji lapangan terbatas pada kelompok kecil.

Berdasarkan uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media, uji calon pengguna produk dan uji kelompok kecil  secara keseluruhan  memiliki keberterimaan sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik. Berdasarkan  revisi hasil uji ahli, uji calon pengguna produk, dan uji kelompok kecil produk yang dihasilkan adalah buku panduan permainan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal yang telah dibuktikan kebeterimaanya secara teoritis dan praktis.

Penilaian dalam uji ahli mempunyai gradasi berupa skala 1-4, berdasarkan dari hasil uji ahli materi bimbingan dan konseling diperoleh nilai rata-rata 3,8; hasil uji ahli media diperoleh nilai rata-rata 3,9; hasil uji calon pengguna produk diperoleh nilai rata-rata 3,9; hasil uji kelompok kecil dengan penilaian pre test memperoleh nilai tertinggi 79 dan penilaian post test memperoleh nilai tertinggi yaitu 91, berdasarkan dari rentang skor jumlah hasil pengukuran diagram termasuk dalam R3 ( ≥60 sampai dengan