SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefetifan Teknik Expressive Writing untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas pada Siswa Kelas VII SMP

Nur Farida Maulidina

Abstrak


RINGKASAN

Kelancaran dalam memenuhi langkah-langkah pembelajaran menurut kurikulum 2013 salah satunya dengan terampilnya berkomunikasi, baik berkomunikasi dengan sesama atau di depan kelas. Fenomena di sekolah, siswa sering mengalami tidak percaya diri, takut, gemetar, gelisah, pusing, mual dan sebagainya. Faktor yang menyebabkan munculnya kecemasan-kecemasan tersebut yakni kurang berlatih, kurang menguasai apa yang akan disampaikan, kurang percaya diri, ancaman diri sendiri, serta pikiran negatif. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan adalah teknik expressive writing. Teknik tersebut mengajak siswa untuk menulis sebagai luapan perasaan yang sedang dirasakan ketika mengalami kecemasan. Kegiatan expressive writing termasuk layanan responsif serta termasuk dalam bidang pribadi sosial. Penelitian bertujuan untuk menguji keefektifan teknik expressive writing untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa kelas VII SMP.   Penelitian menggunakan rancangan penelitian pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian 10 orang siswa kelas VII SMP yang memiliki kecemasan tinggi ketika berbicara di depan kelas. Dalam penelitian ini perlakuan yang digunakan adalah teknik expressive writing untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa kelas VII SMP. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test pada taraf signifikansi 0,005.   Hasil nilai uji Wilcoxon Signed Test dihasilkan bahwa Z = -2,803 dengan P= 0,005 yang menunjukkan adanya perbedaan sebelum dilakukan treatment dan sesudah dilakukan treatment yakni terjadi penurunan kecemasan berbicara di depan kelas. Dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik expressive writing efektif untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa kelas VII SMP.  Saran penelitian ini, konselor dapat menggunakan expressive writing  untuk membantu siswa mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas serta dapat menggunakan layanan responsif seperti konseling individu dan konseling kelompok.