SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Layanan Informasi Karier Berbasis Blog Bagi Siswa SMK

Mohammad Abraham Alkautsar

Abstrak


RINGKASAN

Alkautsar, Mohammad A. 2018. Pengembangan Layanan Informasi Karier Berbasis Blog Bagi Siswa SMK. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Elia Flurentin, M.Pd, (II) Dr. Muslihati, S.Ag., M.Pd.

Kata Kunci:  informasi karier, blog, SMK

Siswa sekolah menengah pada umumnya berada dalam masa di mana ia harus mengambil keputusan penting berkaitan dengan kehidupan kariernya. Keputusan yang diambil, akan mempengaruhi kesuksesannya dalam karier di masa mendatang. Pengambilan keputusan ini tentunya membutuhkan pertimbangan yang matang. Seringnya siswa-siswa di Indonesia mengambil pilihan yang salah saat menempuh pendidikan lanjut bahkan saat memilih pekerjaan salah satunya didasari oleh kurangnya informasi karier yang diperoleh. Tidak berbeda dari siswa sekolah menengah pada umumnya, siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) juga mengalami hal yang sama. Dalam hal ini, fungsi konselor sebagai pemberi layanan informasi karier di SMK sangat dibutuhkan. Namun konselor di sekolah memiliki waktu yang sangat terbatas dalam menjalankan layanan informasi karier. Untuk menanggulangi masalah keterbatasan waktu yang dimiliki konselor di SMK, dibutuhkan sebuah layanan yang mudah dilakukan dan menghemat waktu, berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan Layanan Informasi Karier Berbasis Blog Bagi Siswa SMK. Media yang digunakan sebagai media layanan yakni media blog. Media blog dipilih karena pada era digital ini, siswa lebih mudah dan menyenangi media yang berbasis dunia maya. Media berbasis dunia maya lebih mudah diakses dimanapun dan kapanpun selama memiliki perangkat (PC/Smartphone) yang terhubung dengan internet, selain itu media blog dipilih karena keunggulannya dibanding media yang lain. Media blog jika dibanding media berbasis dunia maya yang lain merupakan media yang paling mudah digunakan baik bagi pengguna maupun bagi penyedia atau pembuat layanan. Media blog dirasa dapat menutupi kekurangan-kekurangan media yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Layanan Informasi Karier Berbasis Blog Bagi Siswa SMK yang dapat membantu siswa SMK memperoleh informasi karier, juga membantu konselor dalam menjalankan layanan informasi karier di sekolah, Layanan Informasi Karier Berbasis Blog Bagi Siswa SMK merupakan pengembangan media yang baru dalam pemberian layanan informasi, Layanan Informasi Karier Berbasis Blog Bagi Siswa SMK merupakan media layanan yang dapat dengan mudah diakses oleh siswa kapanpun dan dimanapun, dan mudah diperbaharui informasinya sesuai dengan perkembangan jika dibutuhkan.

Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan/research and development, dengan mengadaptasi desain penelitian yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Prosedur penelitian ini dilaksanakan melalui tujuh tahapan, yaitu: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Melakukan perencanaan, (3) Pengembangan produk awal, (4) Melaksanakan uji permulaan, (5) Melakukan revisi atas produk utama, (6) Melakukan validasi ahli dan uji lapangan, (7) Melakukan revisi terhadap produk akhir. Instrument penelitian berupa angket/kuesioner. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan perhitungan rerata/mean dan data kualitatif dianalisis secara deskriptif.

Berdasarkan hasil uji ahli bimbingan dan konseling serta ahli media, produk pengembangan dikategorikan ke dalam kriteria sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik.  Hasil uji calon pengguna produk, produk pengembangan dikategorikan ke dalam kriteria sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik. Dari hasil uji secara keseluruhan, produk yang dikembangkan dapat dikategorikan ke dalam kriteria sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik untuk digunakan dalam memberikan layanan informasi karier bagi siswa SMK.

Saran bagi sekolah, diharapkan memberikan dukungan berupa sarana internet sehingga layanan informasi karier berbasis blog bagi siswa SMK ini dapat digunakan oleh siswa dan konselor secara maksimal. Bagi konselor dengan adanya produk ini hendaknya menggunakan layanan informasi karier berbasis blog bagi siswa SMK sebagai sarana pemberian layanan informasi dalam kaitannya dengan bimbingan karier agar pemberian layanan menjadi lebih mudah dan efisien.