SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Layanan Informasi Perilaku Seks Pranikah Berbasis Autoplay Bagi Siswa Kelas X MAN 3 Tulungagung

Muhamad Ikbarur Rizqy

Abstrak


RINGKASAN

 

Rizqy, Muhamad Ikbarur. 2018. Pengembangan Media Layanan Informasi Perilaku Seks Pranikah Berbasis Autoplay Bagi Siswa Kelas X MAN 3 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd., (II) Dr. IM. Hambali, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media, layanan informasi, autoplay, seks pranikah.

 

Maraknya kasus-kasus seksual pranikah dikalangan siswa SMA seperti hamil diluar nikah, seks bebas, dan kejahatan seksual tersebut mengakibatkan peningkatan kerentanan remaja terhadap berbagai macam penyakit menular seksual. Perilaku seks pranikah dikalangan siswa SMA tersebut dapat dicegah melalui pemberian layanan informasi. Layanan informasi merupakan upaya membantu siswa menerima dan memahami berbagai informasi diri, sosial, belajar karier, dan pendidikan lanjutan. Layanan informasi dapat disampaikan melalui sebuah media, baik media cetak maupun media elektonik lainnya. Media dalam bimbingan dan konseling adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan bimbingan dan konseling yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan konseli untuk memahami diri, mengarahkan keputusan, serta memecahkan masalah yang dihadapi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, dimungkinkan untuk menciptakan sebuah media pembelajaran yang interaktif. Salah satu perangkat lunak yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pengembangan media pembelajaran interaktif adalah Autoplay Media Studio. Autoplay Media Studio adalah multimedia interaktif yang dapat digunakan sebagai media penyampai layanan informasi. Dengan demikian guru bimbingan dan konseling dapat menyampaikan layanan informasi perilaku seks pranikah kepada siswa dengan mudah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media layanan informasi perilaku seks pranikah berbasis autoplay bagi siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. Produk yang dihasilkan berupa manual book media dan media layanan informasi perilaku seks pranikah berbasis autoplay bagi siswa kelas X MAN 3 Tulungagung.

Metode penelitian dan pengembangan diawali dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara kepada konselor, menyusun pengembangan media berdasarkan analisis kebutuhan, mengembangkan produk awal. Selanjutnya melakukan uji validasi kepada ahli materi, ahli media dan calon pengguna (konselor). Kemudian melakukan perbaikan sesuai dengan kritik dan saran dari ahli materi, ahli media dan calon pengguna (konselor) untuk menghasilkan produk yang siap diuji cobakan kepada siswa. Setelah dilakukan perbaikan, kemudian dilakukan uji coba kelompok terbatas (siswa). Terakhir melakukan perbaikan produk yang telah diuji cobakan kepada siswa kelas X MAN 3 Tulungagung untuk menghasilka produk akhir. Data yang didapatkan dari hasil uji validitas di analisis dengan inter-rater agreement model.

Hasil dari penilaian aspek keberterimaan uji validitas dalam rentangan 1-4 mendapatkan skor sebesar 3,6 dan 3,8 yang berarti produk media layanan infomasi seks pranikah memiliki validitas sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa produk media layanan informasi perilaku seks pranikah memenuhi aspek keberterimaan produk dan layak digunakan dalam memberikan layanan bimbingan.

Saran ditujukan pada (1) konselor diharapkandapat menggunakan media layanan informasi perilaku seks pranikah, tidak hanya konselor MAN 3 Tulungagung akan tetapi oleh semua konselor SLTA terkait perilaku seks pranikah. (2) diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen untuk mengetahui efektifitas media layanan informasi perilaku seks pranikah berbasis autoplay.