SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Kelompok Realita Dengan Menggunakan Teknik Metafora Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Ngadiluwih

Hendri Tri Hardiarto

Abstrak


Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda yang dilakukan dengan sengaja untuk menyelesaikan tugas akademik. Prokrastinasi terjadi karena sesuatu yang berkaitan dengan takut akan kegagalan, tidak suka pada tugas yang diberikan, menentang, melawan kontrol, mempunyai sifat ketergantungan, dan kesulitan mengambil keputusan. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk membantu siswa menurunkan prokrastinasi akademik. Salah satu model konseling yang dipilih adalah Konseling kelompok realita dengan teknik metafora menggunakan media film pendek.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok realita dengan teknik metafora menggunakan media film pendek untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMP. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP yang berjumlah lima siswa.

Metafora merupakan salah satu metode yang inspiratif digunakan dalam menurunkan prokrastinasi akademik siswa. Salah satu media yang digunakan teknik metafora adalah menggunakan media film pendek yang dikaji sehingga muncul pandangan-pandangan dari siswa mengenai menunda mengerjakan tugas akademik atau prokrastinasi akademik. Pelaksanaan proses konseling ini mengikuti tahapan model WDEP, yang meliputi lima tahap yaitu Involvement and Wants (keterlibatan dan eksplorasi kebutuhan), doing and direction (tindakan), evaluation (evaluasi), planning (perencanaan), dan termination (pengakhiran). Penggunaan media film pendek dan pedoman pelaksanaan konseling kelompok sudah diuji kelayakan ahli.

Jenis rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interrupted Time Series Design. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan menggunakan skala prokrastinasi akademik siswa SMP yang diberikan pada saat pretest 1 dan pretest 2 sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan posttest 1 dan posttest 2. Data yang terkumpul dianaliasis dengan menggunakan SPSS 21.00 melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan nilai beda sebesar (Z= -2.032b) dan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0.042 serta nilai probability error (P= 0.042