SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PROTOTIPE LAYANAN INFORMASI SEKOLAH LANJUTAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF BAGI SISWA SMP NEGERI 18 MALANG

Wahyu Setiawan

Abstrak


ii
 
Berdasarkan penilaian ahli media dan materi yaitu dosen BK dan konselor
SMP, layanan informasi berbasis layanan informasi sekolah lanjutan ini sangat
berguna bagi siswa agar mempunyai gambaran tentang sekolah yang akan
menjadi pilihan setelah lulus SMP, selain itu bagi konselor bisa memudahkan
dalam memberikan layanan informasi karena multimedia interaktif ini sangat
mudah dioperasikan. 
Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah khususnya konselor
hendaknya memanfaatkan  software  multimedia untuk mengetahui keefektifan
produk yang dihasilkan sehingga pemberian layanan informasi lebih maksimal.  ABSTRAK
 
Setiawan, Wahyu. 2010. Pengembangan Prototipe Layanan Informasi Sekolah
Lanjutan Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Siswa SMP Negeri 18
Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono,
M.Pd, (II) Drs. H. Widada, M.Si.
 
Kata Kunci: Multimedia, Layanan Informasi, Sekolah Lanjutan.
 
Sekolah lanjutan merupakan pendidikan yang ditempuh setelah lulus dari
jenjang pendidikan sebelumnya dalam hal ini SMP dan melanjutkan ke Sekolah
Lanjutan Tingkat Atas yaitu sebutan untuk tahap kedua dalam sekolah lanjutan
setelah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Indonesia. Dalam pemilihan sekolah
lanjutan ini masih sering dijumpai kesalahan yang dilakukan oleh siswa setelah
lulus SMP, dalam hal ini salah menentukan sekolah yang dipilih. Ini disebabkan
karena kurangnya pengetahuan dan informasi yang tepat dimiliki oleh siswa.
Dalam memilih sekolah lanjutan setelah lulus SMP, seorang siswa juga
harus mempertimbangkan prospek setelah  lulus dari SMA. Selain SMA juga ada
lembaga pendidikan setingkat SMA, yaitu MA (madrasah aliyah) dan SMK
(Sekolah Menengah Kejuruan). SMA adalah lembaga pendidikan dibawah
naungan Departemen Pendidikan Nasional yang didalamnya lebih mengutamakan
tentang pengetahuan-pengetahuan yang bersifat umum. Madrasah Aliyah (MA)
adalah lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Departemen Agama.
Madrasah Aliyah disini lebih mengutamakan tentang pengetahuan Agama dan
Akhlak. Sedangkan SMK merupakan lembaga pendidikan yang lebih
mengutamakan skil untuk menciptakan keahlian para siswa lulusannya agar
setelah lulus, bisa siap kerja.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk
layanan informasi sekolah lanjutan berbasis multimedia interaktif bagi siswa
SMPN 18 Malang yang berterima baik secara teoritis maupun praktis dan bisa
digunakan oleh siswa maupun konselor di sekolah sebagai media layanan
informasi tentang sekolah lanjutan. Menurut penilaian dari ahli media yaitu dosen
BK, multimedia interaktif tentang sekolah  lanjutan mendapatkan skor 36 dengan
nilai rata-rata 2,77 yang berarti sesuai dalam segi kemenarikan media. Sedangkan
menurut dari hasil penilaian uji ahli materi yaitu oleh uji materi I adalah 2,75 yang
berarti sesuai, dan penilaian uji ahli materi II adalah 3 yang berarti sesuai/akurat.
Jadi rata-rata skor total keseluruhan adalah 2,87 yang berarti cukup akurat dalam
hal materi yang disusun dalam multimedia interaktif. Jadi berdasarkan hasil
penilaian uji ahli materi, dapat disimpulkan bahwa materi yang disusun dalam
multimedia berklasifikasi cukup akurat dan dapat digunakan