SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Kelompok Rational EMotif Behavior Untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa SMA

Muhammad Hasbi Al Haikal

Abstrak


Abstrak

Kecemasan menghadapi merupakan salah satu hambatan akademik yang dialami oleh siswa dalam proses studinya. Siswa akan mengalami banyak kesulitan jika tidak dapat mengelola kecemasan yang muncul dengan baik. Menggunakan konseling kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) adalah salah satu pendekatan konseling kelompok untuk mengentaskan kecemasan pada menghadapi ujian pada siswa SMA. Konseling kelompok REBT digunakan untuk mengubah pikiran irasional mengenai ujian sehingga siswa memiliki pandangan baru dan mengelola kecemasanya dengan baik. Penelitian ini menggunakan penedekatan analisis data kuantitatif dan rancangan penelitian eksperimental (eksperimental research). Desain penelitian yang digunakan adalah time series design, dengan variasi interrupted time series design. Peneliti berusaha membandingkan kondisi siswa saat sebelum dan sesudah konseling kelompok dilaksanakan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik non-parametrik uji beda wilcoxon. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA yang berjumlah enam orang yang memiliki nilai skor pretest yang masuk dalam kategori sedang dan tinggi. Setelah diberikan perlakuan siswa mengalami penurunan nilai skor pada posttest. Hasil analisis menunjukan nilai signifikasi 0,028 < 0,05 yang berarti konseling kelompok REBT efektif untuk menurunkan kecemasan menghadapi ujian siswa di SMA Negeri 1 Malang.