SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Metode Dialog Socrates Untuk Meningkatkan Kemampuan Goal Setting Siswa SMPN 2 Kalitidu

Yusuf Putra Pratama

Abstrak


Abstrak

 

Pratama, Yusuf Putra, 2018, Keefektifan Metode Dialog Socrates  Untuk Meningkatkan Kemampuan Goal  Setting Siswa SMPN 2 Kalitidu, Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Triyono, M.Pd, (2) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

 

Kata Kunci : dialog socrates , goal  setting, self regulated learning

 

Goal setting merupakan proses menetapkan target yang hendak dicapai oleh peserta didik dalam belajar. Proses menetapkan target diperlukan adanya: (1) harapan atau keinginan, (2) pertimbangan nilai, (3) keterlibatan, (4) komitmen, (5) motivasi dan (6) pengetahuan reinforcer. Dalam menetapkan target, peserta didik dibimbing dan diarahkan menggunakan metode dialog Socrates. Metode dialog socrates  merupakan salah satu metode pembelajaran, siswa dihadapkan pada suatu deretan pertanyaan sebagai stimulus untuk membangun dialog/diskusi terbimbing guna meningkatkan kemampuan berfikir siswa, menganalisis tujuan, mendefinisikan tujuan, dan mengevaluasi rencana tindakan untuk membangun suatu kesimpulan yang benar sehingga dapat menetapkan suatu keputusan yang tepat. Tujuan penelitian ini mengetahui keefektifan metode dialog socrates  untuk meningkatkan kemampuan goal  setting siswa SMPN 2 Kalitidu

 

Penelitian ini menggunakan model quasi experimental design karena diarahkan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (metode dialog socrates ) terhadap variabel terikat (goal  setting). Desain eksperimen semu yang digunakan adalah  pola one group pre test and post test design. Tingkat goal  setting yang dimiliki oleh peserta didik diukur menggunakan inventori goal  setting yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian adalah 5 orang siswa SMPN 2 Kalitidu yang memiliki tingkat goal  setting sedang. Data penelitian dianalisis dengan uji wilcoxon.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dialog socrates  efektif meningkatkan goal  setting siswa SMPN 2 Kalitidu. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan goal  setting siswa antara sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment. Pada perhitungan nilai hasil pre test dan post test dengan menggunakan wilcoxon signed-rank diperoleh hasil z -2,032 dan sig (2-tailed) pada 0, 042. Hasil Penelitian sig (2-tailed) yaitu 0,042