SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Self Esteem dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan

Royhan Helmy Dwi Haryadhi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dalam proses perkembangan normal individu, khususnya remaja, akan selalu ada pertentangan, tekanan, atau kesulitan, terkait penilaian akan identitas, penghargaan diri, dan peran individu tentang siapa dirinya, bagaimana ia berperan, citranya di mata dirinya sendiri, dan lain-lain. Selain itu, interaksi dan lingkungan sosial, terutama ada tidaknya dukungan sosial dari orang yang dianggap relatif memiliki hubungan dekat, khususnya dari teman sebayanya, juga berpotensi memicu munculnya tekanan bagi diri remaja. Namun, tidak semua remaja dapat melalui hambatan perkembangan tersebut dengan baik. Sebagian remaja justru menginterpretasikan bahwa ia merasa memiliki penghargaan diri yang rendah akan dirinya serta tidak berhasil mendapat dukungan sosial teman sebayanya, sehingga menyebabkan mereka menjadi tidak percaya diri dan rentan berdampak pada munculnya perilaku negatif yang merugikan. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dan self esteem dengan kepercayaan diri remaja yang diwakili oleh kalangan remaja usia sekolah siswa kelas VII di MTs 1 Negeri Pamekasan, kecamatan Pademawu, kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tempat kelompok remaja tersebut banyak menghabiskan waktunya.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa inventori dukungan sosial teman sebaya, self esteem, dan kepercayaan diri, terhadap 118 sampel responden siswa kelas VII. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan korelasi pearson product moment untuk mengkonfirmasi asumsi penelitian dengan hasil penelitian

Dengan demikian, melalui uji hipotesis dengan metode korelasional, khususnya analisis korelasi pearson product moment, dapat diambil kesimpulan bahwa hasil penelitian ini membuktikan adanya hubungan dukungan sosial teman sebaya dan self esteem dengan kepercayaan diri siswa.