SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Bimbingan dengan Teknik Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa SMP

Farra Anindita

Abstrak


ABSTRAK

 

Masa remaja adalah salah satu masa ketika individu akan dihadapkan dengan persoalan. Ketika individu dihadapkan dengan persoalan, ada yang mampu untuk melewati dan ada pula yang tidak mampu untuk melewatinya. Untuk dapat menghadapi persoalannya, individu sangat membutuhkan resiliensi. Resiliensi akan membantu individu dalam menghadapi dan mengatasai situasi yang tidak nyaman baginya. Meningkatkan resiliensi individu dapat dilakukan dengan menggunakan teknik tertentu. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan resiliensi adalah menulis ekspresif. Menulis Ekspresif merupakan teknik menuliskan perasaan dan pikiran tentang emosi dan pengalaman individu. Penerapan teknik tidak terlepas dari media yang mendukung, yang dapat digunakan dalam pemberian layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk buku panduan untuk konselor yang dapat membantu dalam memberikan layanan bimbingan dengan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan resiliensi siswa dalam menghadapi masalah, yang berterima secara teoritis dan praktis dari segi ketepatan, kegunaan, kemudahan, kemenarikan. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari 10 langkah dalam metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Adapun langkah-langkah dan prosedur yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Tahap persiapan, (2) Tahap pelaksanaan, dan (3) Tahap validasi. Hasil penelitian menunjukan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dan media menunjukan klasifikasi vailiditas sangat tinggi dengan indeks uji ahli sebesar 1 dan 0,99; penilaian calon pengguna produk menunjukan nilai indeks uji ahli sebesar 0,96 dengan klasifikasi validitas tinggi. Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa produk buku panduan bimbingan dengan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan resiliensi siswa SMP, telah memenuhi kriteria keberterimaan. Disimpulkan bahwa pengembangan panduan bimbingan dengan teknik menulis ekspresif layak untuk digunakan konselor. Saran penelitian untuk konselor sebagai pengguna produk benar-benar mempelajari dan memahami panduannya sebelum menggunakan atau mengaplikasikan kepada siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat dapat melakukan uji coba produk yang telah dikembangkan pada kelompok operasional untuk mengetahui efektivitasnya