SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Pendekatan Konseling Trait and Factor dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MA Muallimin Malang

vidyanto zubriant

Abstrak


ABSTRAK

 

Zubriant, Vidyanto. 2013. Efektifitas Pendekatan Konseling Trait and Factor dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MA Muallimin Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univerias Negeri Malang,Pembimbing: (1) Drs. H. Widada, M.Si. (II) Dra. Hj. Ella Faridati Zen, M. Pd.

 

Kata Kunci : trait and factor, prestasi belajar, pendekatan konseling

Prestasi belajar diartikan sebagai keberhasilan murid dalam mempelajari mata pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai jumlah mata pelajaran ttertentu ( Nawawi 2001 : 100 ). Prestasi belajar yang sangat mudah diamati adalah dengan melalui angka- angka atau huruf yang menunjukkan hasil belajar, contoh raport dan Kartu Hasil Ujian seperti yang dijelaskan oleh Marsum dan Martaniah ( dalam Sia Tjundjing 2000: 71). Hal ini berarti prestasi belajar hanya bisa diketahui jika telah dilakukan penelitian terhadap hasil belajar siswa. Dengan adanya prestasi belajar ini, perkembangan hasil belajar siswa dapat diketahui dan diamati. Normalnya semakin bagus prestasi belajar siswa maka semakin optimal pula hasil belajarnya, sebaliknya jika prestasi belajar rendah atau turun, maka kurang optimal pula kualitas hasil belajarnya. Sebenarmya banyak faktor yang mempengaruhi turunnya prestasi belajar siswa, baik yang berasal dari aspek diri pribadi maupun aspek lingkungan sekitar. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan bantuan yang efektif guna meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MA Muallimin NU Malang. Salah satunya dengan bantuan layanan konseling pendekatan Trait and Factor.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling Trait and Factor terhadap prestasi belajar kelas XI MA Muallimin NU Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi esperiment/ pre eksperimental design) dengan desain Pre-test and Post-test Group. Subjek dipilih berdasarkan data nilai raport atau nilai hasil ujian tengah semester, yakni lima siswa yang nilai prestasi belajar rendah.

Analisis data menggunakan statistik inferensial non parametrik, yaitu uji two related samples test Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh konseling Trait and Factor terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Wilcoxon sebesar (Z= -2.023a) dan nilai probability error post-test yakni kurang dari 0,05 (p= 0.043