SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Kesiapan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Siswa kelas XI SMAN 1 Sekaran Lamongan

Ria Sholikhah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kesiapan dan kepercayaan diri seseorang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Pada dasarnya siswa yang memiliki kesiapan belajar akan lebih percaya diri dalam pembelajaran. Apabila kesiapan belajar dan kepercayaan diri dimiliki siswa maka peluang untuk mendapatkan prestasi belajar tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) tingkat kesiapan belajar siswa kelas IX SMAN 1 Sekaran Lamongan, (2) tingkat kepercayaan diri, (3) tingkat prestasi belajar, (4) hubungan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar, (5) hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar, (6) hubungan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan secara parsial maupun simultan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Sekaran Lamongan.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-korelasional. Populasai dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Sekaran Lamongan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 217. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan metode cluster random sampling. Variabel penelitian terdiri dari kesiapan belajar dan kepercayaan diri sebagai variabel independent, serta prestasi belajar sebagai variabel dependent. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala dan nilai rapor. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan (1) banyak 79,1% siswa memiliki kesiapan belajar dalam kategori sedang, (2) cukup banyak 46,10% siswa memiliki kepercayaan diri dalam kategori sedang, (3) banyak 68,7% siswa memiliki prestasi belajar dalam kategori tinggi, (4) ada hubungan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,163 dan nilai signifikan 0,002, (5) ada hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung = 2,226 dan nilai signifikan (sig) 0,028, (6) ada hubungan antara kesiapan belajar dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung =11,260 dan nilai signifikan 0,000.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru BK untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling belajar serta layanan bimbingan dan konseling pribadi untuk meningkatkan kesiapan belajar, kepercayaan diri serta prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Sekaran Lamongan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar menggunakan penelitian terkait dengan variabel lainnya yang mempengaruhi prestasi belajar baik faktor internal maupun faktor eksternal seperti intelegensi, bakat dan minta, keluarga, motivasi dan cara belajar.