SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Sinema Edukasi untuk Mengembangkan Perilaku Moral Siswa Kelas X SMKN 5 Malang

novi priti

Abstrak


ABSTRAK

 

Perilaku moral adalah perilaku yang dilakukan sesuai dengan peraturan, nilai-nilai, atau prinsip-prinsip moral yang ada di kelompok sosial. Pada saat ini permasalahan kemerosotan moral pada remaja sudah banyak terjadi, dibuktikan dengan kasus-kasus yang terjadi pada remaja, di antaranya tawuran pelajar, pemalakan, minum-minuman keras, pergaulan bebas, pembunuhan dan permasalahan lainnya. Pada akhirnya kemerosotan moral menjadi fenomena yang menyebabkan kecemasan sosial dan apabila tidak segera ditangani secara serius dikhawatirkan banyak masalah sosial lain yang muncul. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan bantuan yang efektif untuk mengembangkan perilaku moral, salah satu upayanya ialah layanan bimbingan kelompok dengan sinema edukasi sebagai tekniknya. Penelitian ini bertujuan menguji seberapa efektif penggunaan sinema edukasi untuk mengembangkan perilaku moral siswa.

Penelitian menggunakan rancangan pre-experimental dengan model one group pretest posttest design. Subjek penelitian, siswa kelas X TKJ 1, X TKJ 2, dan X TKJ 3 di SMKN 5 Malang masing-masing kelas yang diambil sebanyak lima siswa yang memiliki tingkat perilaku moral sedang. Pengumpulan data menggunakan skala perilaku moral yang diberikan sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Penganalisaan data menggunakan analisis deskriptif dan statistik non-parametik pada Wilcoxon dengan bantuan SPSS 21.0 for windows.

Hasil analisis Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa nilai Z= -3.418 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Uji hipotesis pada penelitian ini yaitu 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil data perilaku moral didapatkan adanya kenaikan skor data yang menunjukkan bahwa perilaku moral siswa kelas X di SMKN 5 Malang meningkat. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik sinema edukasi efektif untuk mengembangkan perilaku moral siswa

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar: (1) Guru Bimbingan dan Konseling mengaplikasikan layanan bimbingan kelompok menggunakan sinema edukasi untuk mengembangkan perilaku moral siswa, dan (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengadakan penelitian serupa dengan desain true eksperiment yang menggunakan kelompok kontrol untuk lebih meningkatkan kesahihan hasil penelitian.