SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Permainan Gobak Sodor untuk Meningkatkan Kerjasama dan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa

Nur Afifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Afifah, Nur. 2018. Pengembangan Panduan Permainan Gobak Sodor sebagai Teknik Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kerjasama dan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Andi Mappiare A.T., M.Pd., (2) Dra. Elia Flurentin, M.Pd

 

Kata kunci: permainan gobak sodor, kerjasama, kesadaran tanggung jawab

Penelitian pengembangan panduan permainan gobak sodor sebagai teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerjasama dan kesadaran tanggung jawab siswa bertolak belakang dengan masih banyaknya siswa yang kurang memiliki sikap kerjasama dan kesadaran tanggung jawab. Hal tersebut tentunya menghambat perkembangan siswa sehingga perlu adanya pemberian layanan bimbingan. Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah pada siswa dan mengembangkan potensi siswa. Media yang digunakan dalam pemberian layanan bimbingan dibutuhkan media berbentuk permainan supaya siswa tertarik dan tidak merasa bosan dalam penyampaian informasi, salah satunya adalah permainan tradisional. Gobak sodor merupakan permainan tradisional yang memiliki banyak nilai yang dapat dikembangkan diantaranya yaitu kerjasama dan kesadaran tanggung jawab.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui keberterimaan isi produk meliputi ketepatan, kegunaan, kelugasan, kekomprehensifan, dan keberterimaan format dari produk ini meliputi ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah Borg & Gall. Prosedur yang dilaksanakan adalah: (1) tahap I studi pendahuluan dan perencanaan, (2) tahap II pengembangan produk, (3) tahap III uji coba produk, (4) tahap IV revisi produk, dan (5) produk panduan permainan gobak sodor sebagai teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerjasama dan kesadaran tanggung jawab siswa. Pengumpulan data dilakukan untuk mendapatkan penilaian yang diberikan oleh ahli dan calon pengguna menggunakan skala penilaian yang berbentuk rating scale. Data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini adalah data numerikal yang dianalisis dengan skala rerata yakni untuk mencari nilai rata-rata isi dan format panduan dan data verbal berupa komentar yang diperoleh dari hasil uji ahli, serta calon pengguna produk yakni berupa saran, tanggapan dan masukan dalam bentuk lisan maupun tulisan, kemudian dipertimbangkan untuk penyempurnaan produk panduan permainan gobak sodor sebagai teknik bimbingan kelompok.

Hasil penelitian yang telah dilakukan, keberterimaan isi panduan yang dikembangkan dinilai sangat tepat, sangat berguna, sangat lugas, dan sangat komprehensif sedangkan keberterimaan format panduan dinilai sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa panduan yang dikembangkan telah dapat diterima isi dan formatnya. Saran untuk konselor diharapkan konselor memahami dan mempelajari panduan serta melaksanakan secara prosedural sesuai rencana pelaksanaan layanan dalam panduan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan dengan penelitian eksperimen.