SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keterlibatan Kerja sebagai Prediktor Perilaku Kewargaan Organisasi pada Karyawan PT.BRI Cabang Malang Martadinata

Nuansa Juwitaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Juwitaningsih, Nuansa 2018. Keterlibatan Kerja sebagai Prediktor Perilaku Kewargaan Organisasi pada Karyawan PT. BRI Cabang Malang Martadinata. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si. (II) Dr. Nur Eva, M.Si.

 

Kata kunci: keterlibatan kerja, perilaku kewargaan organisasi.

Perusahaan yang baik akan terus berupaya untuk meningkatkan hasil yang positif dan maksimal dengan mempertahankan karyawan yang memiliki motivasi tinggi dalam bekerja untuk menjadi karyawan teladan. Beberapa karyawan mengeluhkan pekerjaan mereka dan akhirnya memutuskan untuk resign sebelum kontrak kerja berakhir, namun tidak jarang ditemui karyawan yang berusaha tetap tinggal dalam perusahaan meski pekerjaan yang dilakukan diluar keinginan mereka, karena mereka  merasa mencari pekerjaan sangatlah sulit.

Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui (1) keterlibatan kerja pada karyawan PT. BRI cabang Malang Martadinata (2) perilaku kewargaan organisasi pada karyawan PT. BRI cabang Malang Martadinata (3) apakah keterlibatan kerja merupakan prediktor perilaku kewargaan organisasi pada karyawan PT. BRI cabang Malang Martadinata.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh karyawan PT.BRI cabang Malang Martadinata berjumlah 123 karyawan. Pengambilan sampel diperoleh dengan metode accidental sampling. Instrument penelitian berupa skala keterlibatan kerja yang diadaptasi Utrecht Work Engagement Scale (2004) dan perilaku kewargaan organisasi diadaptasi dari skala yang dikembangkan oleh Podsakoff, dkk (1990). (1) Validitas skala keterlibatan kerja berkisar 0,333 - 0,817 dan validitas skala perilaku kewargaan organisasi berkisar 0,402 - 0,798. (2) Reliabilitas skala keterlibatan kerja 0,789, dan reliabilitas skala perilaku kewargaan organisasi 0,916. (3) Keterlibatan kerja merupakan prediktor perilaku kewargaan organisasi dengan nilai R= 0,716 kontribusi keterlibatan kerja sebesar  = 0,512 (51,2%) yang menunjukkan bahwa pengaruh keterlibatan kerja terhadap kemunculan perilaku kewargaan organisasi sebesar 51,2% sedangkan 48,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah (1) bagi karyawan PT. BRI cabang Malang Martadinata diharapkan dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan sikap-sikap yang positif (2) bagi PT. BRI cabang Malang Martadinata semoga hasil penelitian ini dapat ditindaklanjuti guna meningkatkan perilaku kewargaan organisasi demi tercapainya visi dan misi perusahaan (3) bagi peneliti untuk mengkaji lebih dalam secara eksperimen atau kualitatif tentang faktor-faktor perilaku organisasi kewarganegaraan dan variabel lain seperti kepuasan kerja, komitmen organisasi, kepribadian, moral karyawan, motovasi, gaya kepemimpinan, budaya organisasi, dan kepercayaan pada pimpinan.