SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang

Aisyah Hamidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Untuk dapat menjadi Sarjana Bimbingan dan Konseling, tentunya mahasiswa harus menempuh masa studi sebagai seorang mahasiswa. Para mahasiswa diwajibkan untuk lulus pada setiap jenjang semesternya. Sama seperti siswa yang harus mencapai Kriteria Kutuntasan Minimal (KKM), setiap matakuliah yang ditempuh mahasiswa harus mencapai kriteria minimal kelulusan. Bagi mahasiswa, hal tersebut wajib untuk ditempuh agar dapat menjadi Sarjana Bimbingan dan Konseling.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Diharapkan penelitian ini mampu menjadi panduan aspek psikologis mengenai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa serta mampu mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan diri dan motivasi terhadap prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mencari sebab akibat seuatu antara dua variabel atau lebih dan peneliti akan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu metode pengambilan subjek dari setiap strata atau wilayah karena terdapat jumlah subjek pada setiap strata tidak sama. Subjek penelitian yang diambil 15% sampel dari 401 populasi untuk digunakan sebagai sampel dan diperoleh 60 subjek. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji F, dan analisis regresi ganda. Hasil menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan motivasi memberikan pengaruh negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien pada determinasi (R2) sebesar -1,1% dan uji F menunjukkan nilai 0,518 yang berarti kepercayaan diri dan motivasi tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan kepercayaan diri dan motivasi terhadap pretasi belajar. Perlu adanya tinjauan mengenai aspek psikologis lainnya yang mampu mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Untuk peneliti selanjutnya, karena penelitian ini belum sempurna maka perlu menelaah kembali faktorfaktor lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar.