SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Durasi waktu Pada Pelaksanaan Bekisting Konvensional dan Bekisting Knockdown Pada Bangunan Gedung Transmart Carrefour Sidoarjo.

KRISNA IRAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Irawan, Krisna . 2018.Perbandingan Durasi waktu Pada Pelaksanaan Bekisting Konvensional dan Bekisting Knockdown Pada Bangunan Gedung Transmart Carrefour Sidoarjo. Proyek Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Made Oka Mulya M.Pd.

 

Kata Kunci: Perbandingan, Bekisting Konvensional dan Knockdown.

Konstruksi di Indonesia pada era modern ini sangatlah berkembang pesat. Indonesia sendiri memiliki tujuan pembangunan infrastruktur yang cepat dan ramah lingkungan. Untuk menunjang kontruksi yang cepat dalam segi pembangunan juga harus diperhatikan bagaimana konstruksi tersebut. Dalam sebuah proyek bangunan sekarang dikenal pekerjaan bekisting kolom yang dapat menunjang percepatan konstruksi. Bekisting sekarang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu bekisting konvensional dan bekisting Knock Down. Bekisting merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi waktu percepatan kontrusi sebuah bangunan. Kontraktor Wijaya Karya Gedung dalam pembangunan proyek Transmart Carrefour Sidoarjo. Proyek ini terletak diantara tengah – tengah kota dekat alun – alun Sidoarjo.

Tujuan studi lapangan ini adalah: (1) Mengetahui efisiensi waktu pekerjaan bekisting konvensional dan bekisting knockdown pase kolom dan balok. (2)Mengetahui prosedur metode kerja bekisting konvensional dan bekisting knockdown pase kolom dan balok.

Hasil studi lapangan menyebutkan bahwa :1)Efisiensi pada bekisting konvensional kolom dan balok membutuhkan waktu pelaksanaan selama 144 jam dan metode bekisting knockdown kolom dan balok membutuhkan waktu pelaksanaan 112 jam selisih 32 jam, lebih hemat waktu bekisting knockdown. 2)Dalam metode pelaksanaan bekisting konvensional kolom tahapannya meliputi : Pengukuran kayu triplek, pemotongan kayu triplek sesuai kebutuhan, penyambungan kayu triplek, perakitan 4 lembar kayu triplek yang telah diberi pengaku kayu, buat stang pengaku untuk mengunci ke empat sisi bekisting kolom.Dalam metode pelaksanaan bekisting konvensional balok tahapannya meliputi : Pengukuran kayu triplek, pemotongan kayu triplek sesuai kebutuhan, pemasangan skafolding, perakitan 3 lembar kayu triplek yang bersambungan , buat stang pengaku untuk mengunci sisi samping kanan dan kiri balok, pemasangan penyangga seperti bambu untuk dipasang dibagian tengah – tengah dan samping balok ketika sudah di cor.Dalam metode pelaksanaan bekisting knockdown kolom tahapannya meliputi : Membuat garis pedoman, pasang stek support, pasang sepatu kolom, pemasangan besi beton, pemasangan busa, pemasangan bekisting.Dalam metode pelaksanaan bekisting knockdown balok tahapannya meliputi : Fabrikasi bekisting balok, pemasangan pranca dan bekisting balok, skematik bekisting balok, sistem pengunci bekisting balok.