SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan SOPO (Self Disclosure Monopoly) untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa SMA

Tri Khoir

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian mengembangkan permainan SOPO yang berwujud buku panduan dan media permainan SOPO untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa SMA yang berterima secara teoritis dan praktis. Model penelitian mengadopsi model prosedural Borg & Gall (1989) dengan tahapan penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji coba ahli, revisi awal, uji lapangan, dan revisi produk akhir. Berdasarkan analisis hasil penilaian uji ahli materi diperoleh skor 3.47, uji ahli media diperoleh skor 3.50, uji calon pengguna diperoleh skor 3.19, dan uji kelompok terbatas diperoleh 3.95 dengan karateristik sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, sangat menarik. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan SOPO sangat layak diguankan konselor sebagai alternatif layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa SMA.